blank
Aqilah Zafina Radisty bersama gurunya Anny Widayanti menunjukkan gambar hasil karyanya. (Foto: Ak)

JEPARA(SUARABARU.ID) – Sejak kecil mengikuti berbagai lomba mewarnai dan menggambar, Aqilah Zafina Radisty mengoleksi banyak piala dan piagam. Dia pernah menjadi juara 1 saat mengikuti lomba di Semarang. Namun bagi siswi SDN 4 Suwawal, Kecamatan Mlonggo ini, prestasi paling berkesan yang diarasakan justru didapat saat menjadi juara 3 Kabupaten Jepara.

Prestasi tersebut diaukir saat mewakili Kecamatan Mlonggo pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2022 tingkat kabupaten Jepara, dua bulan lalu.

“Berkesan dari sisi hasilnya. Saya senang bisa menuangkan gagasan menjadi gambar seperti itu,” kata Aqilah saat ditemui media di sekolahnya pada Kamis (1/9/2022).

Mengikuti cabang lomba Gambar Bercerita, Aqilah menuangkan kebahagiaan sebuah keluarga yang bisa berlibur di Pantai Kartini. Melalui goresan tangannya, keluarga itu tergambar menikmati alam terbuka, bisa melepas masker tak jauh dari aquarium kura-kura. Hal itu sesuai kebijakan pemerintah yang sudah membolehkan melepas masker di ruang terbuka.

“Tema gambar memang terkait Covid-19,” kata Aqilah yang saat wawancara ditemani dua gurunya, Anny Widayanti dan Ambar Muharomatus Susriah.

blank
Aqilah Zafina Radisty bersama guru dan Kepala SDN 4 Suwawal (Foto : Ak)

Putri pertama dari dua bersaudara pasangan Muhammad Faizin dan Khoiriyati Umayah itu mengaku, keberhasilannya menjadi juara 3 kabupaten dengan karya yang memuaskan, memacunya untuk meraih prestasi berikutnya. Selain akan semakin giat berlatih menggambar,  siswi kelahiran Jepara, 29 Juli 2011 ini mengaku akan semakin rajin belajar.

blank
Aqilah Zafina Radisty bersama orang tua dan adiknya. (Foto : Ak)

Memiliki hobi membaca, Aqilah tak hanya berprestasi di bidang seni. Dia selalu rangking 1 di kelas, dan bercita-cita menjadi dokter.

Kepala SDN 4 Suwawal Zubaidi mengatakan, pihaknya memacu prestasi siswa dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan. “Terkait Aqilah, kami berterima kasih kepada gurunya sejak PAUD dan TK yang sudah mengarahkan. Kami terima jadi, tinggal meneruskan dan memberi fasilitas agar prestasi semakin baik. Alhamdulillah bisa menjadi juara 3 kabupaten,” katanya.

Upaya sekolah memberikan fasilitasi, menjadikan potensi prestasi akademis dan nonakademis siswa sekolah itu tergali. Kini SDN 4 Suwawal menanti prestasi berikutnya dari siswa bernama Solahuddin Abdul Majid. Dia menjadi juara 1 lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi) tingkat Kecamatan Mlonggo pada cabang lomba Pengetahuan PAI dan BTQ Putra.

“Mudah-mudahan bisa berprestasi bagus di tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan bulan ini,” kata Zubaidi.

Hadepe