blank
Seorang siswa menunjukkan karyanya hasil dari review pembelajaran konsep PLAY yang dipaparkan mahasiswa KKN UNS kelompok 364. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kreativitas selalu diperlukan untuk melakukan sesuatu. Seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN Pulongrambe, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan saat ini.

Mahasiswa KKN ini mengusung tema KKN PLAY, yang merupakan singkatan dari Pulongrambe Learning Activity. Inovasi KKN PLAY ini menjadi salah satu kegiatan kerja yang dilaksanakan mahasiswa UNS yang tergabung dalam kelompok KKN di Desa Pulongrambe dalam waktu satu bulan.

Mahasiswa KKN UNS ini melakukan kegiatan belajar-mengajar dengan konsep belajar sambil bermain di kelas yang berlangsung selama dua kali dengan materi berbeda.

Minggu pertama, para mahasiswa KKN UNS Solo ini memberikan materi kepada siswa kelas 3 dan 4 melalui media audio visual menggunakan alat bantu berupa proyektor.

Kemudian, materi tentang Bahasa Inggris itu memberikan pengajaran tentang pengenalan seperti warna, buah dan sayur kepada para siswa di SDN 1 Pulorambe.

Selain warna, buah, dan sayur juga dikenalkan tentang perlengkapan sekolah. Setelah mereka mendapatkan materi, para siswa ini mendapatkan review materi dengan permainan yakni mencocokkan kata dengan gambar yang sudah dijelaskan oleh para mahasiswa tadi.

Pemberian materi ini digagas oleh kelompok mahasiswa KKN UNS 364. Hal itu dijelaskan oleh Intan N, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam KKN tersebut.

Kepada Media Purwodadi, Intan mengatakan tidak hanya melaksanakan pemberian materi berupa pelajaran Bahasa Inggris saja, namun kegiatan PLAY ini juga mencakup pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Kita ajarkan kepada para siswa untuk bisa membuat ukuran font, mengubah warna font, kemudian dasar-dasar penggunaan Microsoft Word. Dua materi ini sebenarnya materi yang penting karena siswa di SDN 1 Pulorambe karena di sini mereka mengalami ketertinggalan,” jelas Intan.

Intan mengatakan, sebelumnya, para mahasiwa melakukan survei dulu, menggali informasi apa saja yang menjadi fokus dari para siswa di SDN 1 Pulorambe.

“Ternyata mereka ternyata sedikit tertinggal di mata pelajaran Bahasa Inggris dan TIK,” tambahnya.

Sistem PLAY ini menjadi satu fokus KKN UNS kelompok 364 untuk terdorong mengejar ketertinggalan para siswa mendapatkan materi tersebut.

“Harapan kami tentunya agar para siswa di SDN 1 Pulorambe ini dapat bermanfaat serta bisa membantu agar mereka terdorong menjadi orang yang sukses di masa mendatang,” jelas Intan.

Tak hanya memberikan materi PLAY ini kepada para siswa di SDN 1 Pulongrambe. Materi yang sama juga diberikan kepada para siswa di SDN 2 Pulorambe yang sama-sama terletak di Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan ini.