blank
kampus Universitas Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Universitas Semarang (USM) akan menyelenggarakan Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan kepada mahasiswa baru semester gasal 2022/2023. Pakem akan diselenggarakan dua hari, yaitu 3-4 September 2022 secara hybrid yaitu daring dengan zoom meeting dan luring di Gelora Prof Sudharto USM.

Ketua Panitia, Dr. Muhammad Junaidi, S.HI.,M.H mengatakan, kegiatan bakal diikuti 4.311 mahasiswa dari program studi D3 Manajemen Perusahaan, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Hukum, S1 Teknik Sipil, S1 Perencanaan Wilayah Kota, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, S1 Teknologi Hasil Pertanian, S1 Psikologi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Pariwisata, S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, S2 Magister Manajemen, S2 Magister Hukum, dan S2 Psikologi.

Menurutnya, kegiatan Pakem ini sangat penting bagi mahasiswa baru. Pada hari pertama, mahasiswa akan mendapatkan materi yang penting untuk proses belajar mengajar, antara lain kuliah umum yeng bertema wawasan keabangsaaan, sistem perguruan tinggi di Indonesia, pengenalan bagian kemahasiswaan dan Alumni, Badan Penjaminan Mutu (BPM), Unit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Unit Penunjang Non Struktural (UPNS) Entrepreneur Development Center (EDC), Pusat Program Kreativitas Mahasiswa (PPKM), USM Career and Alumni Center (UCAC), pengelola beasiswa, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pangkalan Data, UPT Komputer, UPT Perpustakaan, poliklikin, serta pengenalan Organisasi Kemahasiswaan (Orma) USM.

”Pada hari kedua, mahasiswa akan mengikuti Pakem fakultas, di antaranya perkenalan pengelola fakultas, pengenalan sistem pembelajaran, perwalian pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), serta perkenalan Orma Fakultas,” ungkapnya.

Pada hari pertama, akan diselenggarakan kuliah umum wawasan kebangsaan dengan tema ”Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda”, yang akan disampaikan oleh Prof Mahfud MD.

”Materi tentang wawasan kebangsaan bagi generasi muda sangat penting disampaikan, karena generasi muda adalah penerus bangsa. Sebagai penerus bangsa, maka para generasi muda ini perlu dibekali materi ini, agar dapat menangkal degradasi moral anak bangsa, serta meningkatkan keahlian dan pengambangan karakter yang sejalan dengan prinsip demokrasi,”pungkasnya

Dia berharap, kegiatan Pakem ini dapat berjalan dengan baik sehingga mahasiswa dapat kuliah dengan lancar. Dia berharap, dengan adanya materi wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Prof Mahfud dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang wawasan kebangsaan, serta meningkatkan moral yang dimiliki mahasiswa yang akhirnya dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai generasi muda,” tegasnya.

Muhaimin