JEPARA(SUARABARU.ID) – Organisasi seniman Tegal Mukti Art Assosiation yang dikukuh tengah bulan ini, memiliki galeri seni D’alas Tegal Mukti. Galeri yang berada di Desa Wedelan, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara ini menjadi wadah berbagai kreasi yang dihasilkan para seniman.


“Keberadaan D’alas Tegal Mukti Association disambut positif oleh warga sekitar. Bahkan Tegal Mukti sudah menjadi bagian dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan mengembangkan Gang Tegal Mukti,” demikian Ketua Tegal Mukti Art Assosiation, Endro Siswoyo, Jumat (26/8/2022), mengulang yang dia sampaikan saat pengukuhan pada Minggu (14/8/2022) lalu.
Pengukuhan yang diikuti dengan pameran lukisan ini, memiliki berbagai agenda lanjutan. Mulai dari workshop kaligrafi, workshop menulis still life, penayangan film tema seniman, turnamen catur, dan lomba mewarnai bagi anak-anak. Seluruh rangkaian kegiatan akan berlangsung hingga bulan Agustus berakhir.
Menurut Endro Siswoyo, selama ini para seniman bergerak sendiri-sendiri. Di sanggar ini mereka berkolaborasi dan berkarya. Galeri D’alas menunjukkan aksi nyata dari para seniman yang berdomisili di kecamatan Bangsri, Mlonggo, dan Keling.


“Di samping wadah berkumpul dan berkreasi, tujuan pendirian asosiasi ini juga untuk mengembangkan seni agar semakin membudaya. Melalui karya seni, kawula muda diharapkan dapat berkreasi, mengekspresikan ide kreatifnya menjadi hal yang berdaya guna,” pemilik galeri sekaligus penggagas asosiasi, Taufik.
Menurutnya, para seniman yang tergabung memiliki berbagai latar belakang, di antaranya: seni lukis, seni kriya, seni patung, seni relief, seni teater, seni musik, hingga fotografi. Seni lukis yang ditampilkan memiliki beberapa aliran yang berbeda dari naturalis, realis, maupun ekspresionis.
Para seniman yang tergabung dalam asosiasi, terangnya, telah menunjukkan karya muralnya di tembok sekitar lapangan Desa Bangsri. Mural berjajar dengan tema kearifan lokal Jepara tersebut, dilombakan dalam rangka menyambut sedekah bumi Desa Bangsri.
Hadepe – Anita Irfani