blank
Ilustrasi Sambal Kemangi. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sambal merupakan salah satu menu pelengkap dalam setiap sajian makanan khas Nusantara. Tidak hanya menawarkan rasa pedas saja, sambal juga hadir dalam berbagai ragam sehingga memiliki cita rasanya tersendiri.

Dilansir dari Suara.com pada Senin (22/8/2022) bagi pecinta pedas, tentu menjadi kenikmatan tersendiri untuk makan dengan sambal yang berbeda tiap harinya.

Salah satu jenis sambal yang populer adalah sambal terpopuler adalah sambel kemangi. Selain rasa pedasnya yang menggugah selera sambal yang juga dilengkapi terasi ini juga memiliki wangi memikat berkat salah satu bahannya yaitu daun kemangi.

Baca Juga: Resep: Chicken Egg Roll

Sambal kemangi juga sangat cocok untuk dipadukan dengan berbagai masakan, lengkap dengan lalapan dan pastinya nasi putih hangat.

Daripada penasaran, yuk langsung cobain resep sambal kemangi dari kanal YouTube Masak Yuk berikut!

Bahan:
– ½ piring daun kemangi satu piring
– 6 siung bawang putih
– 15 siung bawang merah
– 10 cabai merah keriting
– Cabai rawit secukupnya
– 2 buah tomat
– Garam
– Gula
– ½ buah jeruk limau
– 1 bulatan terasi
– asam jawa
– Gula merah

Baca Juga: Resep: Tumis Jamur Brokoli

Cara membuat sambal kemangi:
1. Pertama, iris bawang merah dan bawang putih tipis-tipis lalu tumis dengan minyak panas. Tabahkan juga cabai keriting yang sudah dipotong-potong.
2. Selanjutnya, masukkan juga tomat yang sudah dipotong menjadi 6 bagian dan cabai rawit yang sudah dipotong jadi dua bagian supaya pedasnya keluar, dan terasi. Masak sampai semua bahan layu dan matang.
3. Jika sudah matang, haluskan bumbu yang sudah dimasak tadi dengan menambahkan 1 sdt garam, gula pasir, gula jawa, dan asam. Haluskan cukup dengan ulekan tangan. Jangan lupa untuk melakukan uji rasa.

4. Jika semua bahan sudah halus, tambahkan perasan jeruk limau, ulek kembali dengan semua bahan supaya rasanya tercampur.
5. Berikutnya, tambahkan daun kemangi yang sudah dipetik dari batangnya dan dicuci ke dalam ulekan sambal. Campurkan supaya semua daun kemangi terkena sambal terasi
6. Sambal kemangi siap disajikan sebagai pelengkap menu makan Anda!

Baca Juga: Resep: Camilan Khas Timur Tengah ‘Samosa’

Selain menambahkan terasi, Anda juga bisa mengkreasikan sambal kemangi dengan bermacam bahan lainnya seperti ikan asin, tempe, sampai ayam suwir, sesuai dengan selera.

Dengan membuat sambal sendiri, Anda juga lebih leluasa dalam menentukan tingkat kepedasan. Jika tidak terlalu menyukai pedas, tambahkan lebih banyak tomat dan kurangi cabai rawit.
Namun, jika Anda pecinta pedas, lakukan hal sebaliknya.
Demikian informasi mengenai resep sambal kemangi, selamat mencoba, dan semoga berhasil meningkatkan nafsu makan Anda!

Claudia