blank
Sebagian jamaah umrah dari 323 peserta 'Umrah Bersama Gus Yusuf', berfoto bersama sebelum keberangkatannya melalui Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Senin (22/8/2022). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 323 orang anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota se-Jateng, dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menunaikan ibadah umrah. Ketua Penyelenggara, H Sukirman menjelaskan, mereka terbagi dalam empat penerbangan menggunakan Garuda dan Saudia Airlines.

‘Umrah Bersama Gus Yusuf’ ini, baru kali pertama dan akan segera disusul dengan gelombang umrah berikutnya. Selain anggota DPRD Provinsi Jateng dari PKB, kegiatan ini juga diikuti anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Jateng, dan sejumlah kiai-kiai NU kultural.

Jamaah umrah kloter pertama dilepas Ketua Umum DPP PKB H Muhaimin Iskandar dan Sekretaris DPW PKB Jateng, H Sukirman, Minggu (21/8/2022). Sedang Kloter kedua dilepas Gus Yusuf dan Kepala Perwakilan PT Masy’aril Haram Tour (Mastour) Jateng dan DIY, H Jumadi Sastradihardja, Senin (22/8/2022).

BACA JUGA: “Negeri Khayangan” Lereng Merbabu-Merapi Menjadi Kampung Pancasila

Ketua DPW PKB Jateng yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam (API) Tegalrejo, Magelang, KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) mengatakan, keberangkat umrah bersama-sama sudah diniati cukup lama. Namun karena terhalang pandemi covid-19, keinginan itu baru dilaksanakan sekarang.

”Kita akan sowan Rasulullah SAW, dan menjadi tamu Allah. Hajat kita selain bersyukur kepada Allah SWT karena covid-19 mulai berangsur-angsur hilang dari Indonesia, kami akan berdoa memohon pertolongan Allah SWT, untuk keselamatan bangsa dan negara. Kami juga akan berdoa untuk kesuksesan Pemilu 2024, yang akan segera dilaksanakan di Indonesia,” kata Gus Yusuf.

Sedangkan Sekretaris PKB Jateng, H Sukirman menambahkan, Umrah Bersama Gus Yusuf itu bertema, ‘Merajut Kebersamaan dan Soliditas Organisasi’.

BACA JUGA: Penyelundupan Satwa Dilindungi Telah Digagalkan Ditpolairud Polda Jateng bersama BKO Koorpolairud Baharkam Polri.

”Ke depan bangsa ini punya hajat besar, yaitu Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden. Maka kami selain berdoa hajatnya masing-masing, pasti berdoa untuk keselamatan dan keutuhan bangsa Indonesia,” kata Wakil Ketua DPRD Jateng itu.

Selama di dua Kota Suci Mekkah dan Madinah, rombongan juga akan memperbanyak mujahadah di tempat-tempat mustajabah, dan berziarah ke makam Rasulullah SAW dan para ulama dari Jateng.

Dalam rombongan kemarin, terlihat KH Solikhun dari Kabupaten Magelang, KH Sumyani (Salatiga), Habib Sholeh Al-Atos (Kota Tegal) dan beberapa yang lain-lain.

BACA JUGA: Mahasiswa Diajak Gabung FKUB Muda dan Jaga Budaya Bangsa

Sementara itu, Kepala Perwakilan PT Masy’aril Haram Tour (Mastour) Jateng dan DIY, H Jumadi Sastradihardja menyatakan, pihaknya selalu berhidmah dalam melayani tamu-tamu Allah.

”Insya Allah kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada para dzuyufurrahman. Mulai dari Jakarta, Jeddah, Madinah dan Kota Suci Mekkah, Mastour sudah menyiapkan petugas yang akan membantu kelancaran ibadah umrah,” tegas Jumadi.

Riyan