blank
Seorang narapidana tengah mengikuti pemeriksaan gigi. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Masih dalam rangkaian Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Semarang memberikan pemeriksaan kesehatan untuk narapidana, Senin (22/8/2022).

Pengobatan dan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk menjaga kondisi fisik narapidana saat berada di Lapas agar tetap sehat dan prima.

Dalam pemeriksaan sendiri meliputi pengecekan hipertensi dan Tiberculosis (TB), serta gejala kesehatan lainnya. Selain itu juga dilaksanakan pemeriksaan gigi, cabut gigi dan pemeriksaan mata.

“Ada juga pemeriksaan kesehatan psikis atau kejiwaan. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Lapas Semarang dengan Yayasan Harvey Movement,” kata
Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji di aula Lapas Semarang.

Kalapas mengaku terharu atas respon dari Yayasan Harvey Movement dalam kepeduliannya terhadap kesehatan narapidana dan petugas di Lapas.

“Apresiasi untuk Yayasan Harvey Movement yang peduli dengan kesehatan narapidana maupun petugas di Lapas Semarang,” ungkap Tri Saptono.

“Kita bangga, apalagi itu merupakan kebutuhan primer narapidana dan yang dibutuhkan saat ini,” ucap Kalapas.

Ridho, salah satu narapidana menyatakan senang karena mendapat layanan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Alhamdulillah saya bisa periksa mata, sudah lama mata saya minus, untuk melihat kurang jelas. Dan saya senang bisa mendapat kacamata gratis,” ungkap terpidana 5 tahun penjara kasus narkoba.

Selain pemeriksaan gratis, para narapidana juga mendapat vitamin, obat-obatan, pembagian peralatan mandi, pembagian makanan serta minuman bagi seluruh narapidana di Lapas.

Ning Suparningsih