blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ajakan pemerintah agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan, kehati-hatian dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman dampak krisis global, harus didukung dengan penuh semangat, agar bangsa Indonesia mampu mengatasi krisis ini dengan baik.

”Apresiasi kami sampaikan, pada masyarakat dan pemerintah yang sejauh ini mampu menghadapi dampak krisis global dengan baik, sehingga kita saat ini termasuk negara yang memiliki fundamental ekonomi yang relatif kuat,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, menanggapi pidato Presiden RI Joko Widodo, pada Sidang Tahunan MPR, Selasa (16/8/2022).

Diakuinya, sejumlah pencapaian Indonesia yang mampu mengendalikan pandemi covid-19, antara lain lewat pemberian 432 juta dosis vaksin covid-19, dan pengendalian inflasi 4,9 persen.

BACA JUGA: Simbol Kepedulian, Jokowi Kenakan Baju Adat Paksian

Menurut Lestari, angka itu relatif rendah bila dibandingkan dengan inflasi regional negara-negara ASEAN, yang berkisar 7 persen. Hal itu, seperti dikatakannya, tidak lepas dari peran serta aktif masyarakat.

Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat berpendapat, penguatan peran serta masyarakat dalam menghadapi beragam dampak krisis global, sangat diperlukan. Karena melihat kompleksnya masalah yang dihadapi.

Keyakinan Presiden terhadap kemampuan bangsa ini dalam mengelola pandemi covid-19 di Tanah Air, tambah Rerie, harus mampu menjadi modal dasar bangsa dalam mengelola berbagai agenda besar Nasional lainnya.

BACA JUGA: Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan dengan Spirit Optimisme

Selain itu, anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu juga berpesan, agar sejumlah potensi yang dimiliki bangsa ini, seperti sumber daya alam, bonus demografi dan tingkat kepercayaan dunia Internasional yang tinggi terhadap Indonesia saat ini, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya secara bijak.

”Pencapaian lainnya, seperti penghargaan International Rice Research Institute (IRRI) kepada Pemerintah Indonesia, atas keberhasilannya mewujudkan swasembada beras dan meningkatkan ketahanan pangan Nasional, harus menjadi cambuk bagi sektor lainnya, demi kesejahteraan setiap anak bangsa,” imbuhnya.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu menyampaikan, dukungan Pemerintah dan DPR atas isu kesetaraan gender di Tanah Air, harus konsisten diwujudkan.

BACA JUGA: Kapolsek Prembun Lepas Lomba Gerak Jalan HUT RI, Ini Manfaatnya

Upaya itu, tegasnya, bisa dilakukan lewat merealisasikan sejumlah peraturan dan undang-undang yang memberi perlindungan terhadap perempuan. Namun hingga kini prosesnya masih terhambat, seperti Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

Dia sangat berharap, konsistensi kolaborasi antara masyarakat dan Pemerintah dapat tercipta di lebih banyak bidang, agar bangsa ini dapat bangkit menjadi bangsa yang kuat menghadapi tantangan di masa depan.

Riyan