blank
Sebanyak 450 penari jaranan tengah berlatih, untuk persiapan pentas Gamelan Kolosal, yang digelar di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang. Foto: humas

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebuah pertunjukan spektakuler akan tersaji di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang, Minggu (14/8/2022) pagi. Ribuan seniman jaranan dan karawitan dari 30 grup berbeda dari seluruh Jawa Tengah, akan tampil serentak.

Sebanyak 1.050 seniman desa, yang terdiri dari 450 penari jaranan dan 600 pengrawit itu, akan tampil dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Provinsi Jateng itu.

Acara yang didukung Bank Jateng dan Purnomo Yusgiantoro Center ini, akan semakin meriah dengan penampilan ribuan siswa SMA/SMK, yang ikut menari flashmob jaranan, bersama para seniman.

BACA JUGA: Belasan Warga Jepara Diterima sebagai Abdi Keraton Surakarta

”Acara besok di Simpanglima itu bertajuk Gamelan Kolosal. Sebuah pertunjukan seni tradisional, yang mempertontonkan alunan musik gamelan ditambah penampilan para penari jaranan. Ada 30 grup gamelan dan penari jaranan yang akan tampil bersama,” kata Agung Wahyu Utomo, Pimpro Gamelan Kolosal, saat dikonfirmasi di Semarang, Sabtu (13/8/2022).

Ditambahkan dia, semua seniman yang akan tampil besok adalah para seniman desa. Mereka begitu antusias ingin tampil, dan ikut memeriahkan HUT Jateng sebagai bentuk ucapan terima kasih atas perhatian Pemprov, khususnya Ganjar Pranowo, dalam pelestarian kebudayaan tradisional.

Sebab selama ini, hampir semua desa di Jateng mendapatkan bantuan seperangkat gamelan perunggu, dari Gubernur Jateng ini.

BACA JUGA: “Siapa Kita? Indonesia…!”

”Yang datang baru 30 grup. Sebetulnya masih banyak lagi yang kepengin hadir dan merayakan, karena banyak desa yang dibantu gubernur. Tetapi terkendala mepetnya persiapan, mereka belum bisa bergaung,” terangnya.

Seniman tradisional Jawa dari berbagai daerah di Indonesia pun, akan ikut andil dalam acara ini. Mereka tampil secara streaming, dan akan disiarkan saat acara berlangsung.

”Ada dari Sumut, Sumsel, Jambi dan daerah-daerah lain di Indonesia. Mereka ingin ikut memeriahkan Hari Jadi Jateng ini, dengan menampilkan seni tradisional Jawa di daerahnya masing-masing,” imbuh Joko Setiyono dan Ahmad Alfan Riska, selaku koreografer dan komposer Gamelan Kolosal ini.

BACA JUGA: Pentas Padi Reborn, Aparat TNI-Polri Wonogiri Sterilkan Alun-alun

Sementara itu, Ganjar dijadwalkan akan hadir dalam acara itu. Gubernur juga mengajak semua masyarakat, untuk datang dan meramaikan acara ini.

”Ada 1.000 seniman dari desa, yang akan mengepung Simpanglima. Ada 30 kelompok gamelan dan jaranan yang bakal tampil. Ada juga flashmob jaranan yang bisa kamu ikuti. Ayo ajak teman, tetangga dan keluargamu untuk datang. Kita sama-sama bergembira merayakan Hari Jadi Jawa Tengah yang ke-72 ini. Yang jauh silakan ngintip di akun official Ganjar Pranowo,” pesan Ganjar, melalui postingan di media sosial miliknya.

Riyan