blank
Menjelang pentas Padi Reborn, aparat TNI-Polri Wonogiri telah merazia minuman keras (miras) di warung, kedai dan toko di seluruh Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Aparat gabungan Polri-TNI bersama personel dari dinas terkait, Sabtu sore (13/8) mulai mensterilkan Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Ini dilakukan dalam upaya mendukung sukses pentas musik rock Padi Reborn, di event Festival Agustus Merdeka 2022.

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto telah membuat Surat Perintah (Sprint) penugasan para personel yang berasal dari berbagai satuan.

Kapolres dan Wakapolres akan langsung turun tangan dalam pengamanan tersebut. Secara teknis, pengerahan personel di lapangan, akan dikoordinasikan oleh Kabag Ops Polres Wonogiri AKP Dr Dwi Krisyanto.

Semua pengunjung yang akan masuk ke Alun-alun, diperiksa jenis bawaannya. Barang bawaan yang berpotensi memicu kerusuhan, dilarang dibawa masuk ke alun-alun.

Mereka dilarang membawa Minuman Keras (Miras), semua jenis senjata termasuk senjata tajam (Sajam) dan ketapel, atau barang bawaan lainnya yang dapat membahayakan publik.

Rekayasa Arus

Pengunjung yang ketahuan mabuk, akan ditolak. Demikian pula yang mengenakan atau membawa atribut lambang organisasi persilatan, juga dilarang memasuki alun-alun.

blank
Personel Dishub Kabupaten Wonogiri, memasang palang jalan dan water barier, untuk rekayasa arus lalu lintas. Ini dilakukan dalam mendukung sukses pentas Padi Reborn di Alun-alun Giri Krida Bakti.(Dok.Dishub Wonogiri)

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan melakukan pengalihan jalur. Ditandai dengan pasangan water barier dan palang penutup jalan, serta rambu petunjuk arah jalur yang diizinkan.

Dishub Wonogiri, juga mengumumkan bahwa event Car Free Day (CFD) Minggu besok (14/8) ditiadakan. Karena pada hari tersebut bersamaan dengan kegiatan Tujuhbelasan yang banyak dilakukan warga masyarakat.

Padi Reborn (sebelumnya hanya Padi), adalah group musik pop rock Indonesia yang anggotanya terdiri atas Ari Tri Sosianto (gitar, backing vocal), Andi Fadli Ariffudin (vokal), Surendro Prasetyo atau Yoyo (drum), Rindra Risyanto Noor (bass) dan Satriyo Yudi atau Piyu (gitar, backing vocal).

Grup ini memulai debut mereka di dunia musik Indonesia pada penghujung Tahun 1990-an, melalui singel Sobat dalam album kompilasi Indie Ten. Setelah 7 tahun vakum, Padi berkumpul lagi dan berganti nama menjadi Padi Reborn.

Bambang Pur