blank
PKY Jawa Tengah gandeng Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Jawa Tengah melaksanakan kegiatan edukasi hukum terhadap mahasiswa. Foto: Dok/PKY Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Jawa Tengah gandeng Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPA) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan edukasi hukum.

Hadir sebagai narasumber, Achmad Misrin, S.H.MH Divisi Bantuan Hukum Satuan Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan Anak (Div Bankum SPTPPA) Jawa Tengah.

Kegiatan sendiri diikuti oleh seluruh mahasiswa magang PKY Jateng dari Universitas UIN Pekalongan dan UIN Salatiga yang berlangsung di Kafe Secangkir Kota Semarang.

Koordinator PKY Jateng, Muhammad Farhan menyatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan PKY Jateng kepada mahasiswa magang di kantornya.

“Ini merupakan agenda rutin kami sebagai Komisi Yudisial Jawa Tengah dalam memberikan edukasi terhadap mahasiswa magang kami, agar Ilmu yang di dapat mahasiswa bisa lebih luas,” jelasnya, Sabtu (6/8/2022).

Sementara itu Achmad Misrin menyampaikan, banyak fakta tindak kekerasan yang terjadi di masyarakat Jawa Tengah, namun korban seringkali menutupi dan merahasiakan hal tersebut karena berbagai faktor, seperti ancaman dan sebagainya.

“Untuk itu sangat penting dilakukan upaya pencegahan dengan memberikan pemahaman terkait aspek hukum unuk memberikan perlindungan bagi korban, disamping upaya mencegah terjadinya kekerasan perempuan dan anak,” kata Misrin.

Menurut Misrin, upaya pengawasan dalam persidangan juga sangat penting untuk mengawal proses persidangan terhadap kasus kekerasan perempuan dan anak.

Dia menyatakan lembaganya siap untuk selalu berkoordinasi dengan PKY Jateng terkait kasus-kasus menarik yang dalam proses sidang.

Ning Suparningsih