Hadir dalam acara tersebut Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Ir.Prakoso., MM, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonious Benny Susetyo, Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Timur R Heru Wahono Santoso,S.Sos.,MM,Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jatim Prof. Dr. Dyah Sawitri,  S.E.,M.M,  Rektor Umaha Dr Achmad Fathoni Rodli, M.Pd. dan diikuti oleh ratusan Mahasiswa Umaha serta tamu undangan lainnya.

Rektor Umaha Dr Achmad Fathoni Rodli,M.Pd dalam sambutannya menyatakan BPIP memiliki salam khusus yaitu Salam Pancasila dengan mengepalkan 5 jari. Hal itu merefleksikan tentang 5 sila di Pancasila yang harus selalu kita jaga dalam kehidupan sehari-hari.

”Terima kasih atas kehadiran jejaring panca mandala dan komunitas media massa dan pimpinan”,Tandasnya.

Selanjutnya Ir Prakoso dalam paparan pertama menyatakan harapan jika mahasiswa Umaha bisa menerapkan Pancasila dalam pelaksanaan KKN Tematik bulan Agustus ini. ”Adanya nilai Pancasila sebenarnya sudah hadir di Desa Berdikari Pancasila. Kalau kita flash back ke belakang, negara ini dibangun oleh mahasiswa,” kata Prakoso.

Dikatakan, dulu dalam membangun negeri ini diawali oleh pergerakan  mahasiswa. Sejak adanya mahasiswa berkumpul di era Budi Utomo tahun 1908, para pelajar telah membulatkan tekat dengan adanya sumpah pemuda dengan berbahasa, berbangsa dan bertumpah darah satu yaitu Indonesia.