blank
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jepara telah membentuk help desk sejak 29 Juli 2022 (Foto: KPU Jepara)

JEPARA (SUARABARU.ID)  – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jepara telah membentuk help desk sejak 29 Juli 2022. Mereka telah siap memberikan pelayanan dalam bentuk fasilitasi dan konsultasi pemenuhan persyaratan pendaftaran partai politik peserta pemilu anggota DPR dan DPRD melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Sesuai Peraturan KPU Nomo4 4/2022, pendaftaran parpol berlangsung 1-14 Agustus 2022. Pendaftaran dilakukan oleh parpol di KPU RI.

Anggota KPU Jepara Muhammadun, Senin (1/8/2022) mengatakan KPU Kabupaten Jepara menyiapkan pelayanan dalam tahapan ini, khususnya bagi partai politik di tingkat kabupaten. “KPU RI sudah memberikan petunjuk teknis terkait fasilitasi dan konsultasi pemenuhan persyaratan parpol peserta pemilu. Kami di KPU kabupaten memedomani petunjuk teknis itu dengan membentuk help desk yang kerangka kerjanya adalah melayani,” kata Muhammadun.

Sesuai PKPU Nomor 4/2022, lanjut dia, di tengah dan setelah tahapan pendaftaran, juga ada tahapan verifikasi.  Verifikasi administrasi akan berlangsung 2 Agustus-11 September 2022. Sedangkan verifikasi faktual untuk kepegurusan dan keanggotaan pada 15 Oktober 2022-4 November 2022. KPU RI akan menetapkan partai politik pada 14 Desember 2022. KPU menggunakan Sipol sebagai alat bantu kerja dalam menginput data dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

Muhammadun menjelaskan, help desk di KPU Jepara pada tahapan masa pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol akan melayani sertiap hari, Senin-Minggu pukul 08.00-17.00. Khusus di hari terakhir pendaftaran, yakni 14 Agustus 2022 help desk akan buka sampai tengah malam, pukul 23.59. “Pembentukan help desk ini merupakan upaya KPU dalam meningkatkan pelayanan ke parpol calon peserta pemilu. Kami juga mengagendakan pertemuan pelayanan melalui online, surat elektronik, juga tatap muka,” kata Muhammadun.

Pada Senin (1/8), KPU Jepara menggelar rapat untuk memastikan semua personel help desk telah siap bertugas. Rapat di ruang komisioner dipimpin Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri bersama empat komisioner lainnya, yakni Muntoko, Ris Andy Kusuma, Muhammadun, dan Siti Nurwakhidatun. Hadir juga juga Sekretaris KPU Da’faf Ali, seluruh kasubbag. Selain itu rapat juga dihadiri ketua, sekretaris, dan koordinator help desk. Lokasi pelayanan help desk ada di Kantor KPU Jepara Jl Yos Sudarso 22 di sisi selatan, menempati ruang Lorong Pintar Pemilu.

Hadepe – KPU Jepara