blank
Kerbau bule milik Karaton Surakarta Hadiningrat tengah berada dilokasi karantina  dalam rangka disertakan pada Kirab Menyambut Tahun Baru 1 Suroa Tahun Ehe 1956 / 2022 Masehi Fto: Dok Karaton Surakarta

SURAKARTA (SUARABARU.ID)Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan menggelar Hajad Dalem  Kirab Malem 1 Sura Taun Ehe 1956  atau  29 Juli 2022 Masehi.

Sebelumnya selama dua tahun berturut-turut, keraton tidak menggelar upacara adat serupa karena mewabahnya covid-19.

“Kirab pusaka Kiai Slamet dalam rangka menyambut Tahun Baru Jawa 1 Sura, akan dilaksanakan nanti malam sekitar jam 24.00. WIB,” kata Pangarsa Parentah Karaton Surakarta Hadiningrat KGPH Adipati Drs Dipokusumo Msi, Jumat (29/7/2022).

Kendati selama dua tahun tidak menyelenggarakan kirab, lanjut KGPH Adipati Drs Dipokusumo MSi, namun pelaksanaan kali ini tidak ada perubahan baik mengenai rute maupun uba rampe-nya. Rute masih tetap yakni dari keraton menuju ke Alun-alun Utara melalui kori Kemandungan.

blank
Pangarso Parentah Karaton Surakarta Hadiningrat KGPH Adipati Drs Dipokusumo MSi. Ft: Bagus Adji

Dari sini selanjutnya menuju ke Gladag. Dari Gladag peserta dan akan berbelok ke kanan di simpang empat BI/Telkom menuju ke Jalan Kapten Mulyadi. Kemudian ribuan peserta kirab akan mengelilingi tembok karaton dan sisi luar, dan kemudian kembali ke karaton melalui kori Kemandungan.

Dalam pelaksanaanya, rombongan kirab didahului cucuk lampah kerbau bule, baru kemudian diikuti rombongan pembawa pusaka Kiai Slamet dan dikawal bregada pasukan karaton. Dalam kesempatan ini sejumlah pusaka karaton juga ikut dikirab dalam rangka menyambut Tahun Baru Jawa 1 Sura.

”Mengenai jumlah pusaka yang dikirab baru akan diputuskan menjelang jam terakhir pelaksanaannya. Sedangkan cucuk lampah kirab yakni kerbau bule sudah disiapkan sebanyak lima ekor. Kata disiapkan dalam artian terdapat lima ekor kerbau bule yang menjalani karantina guna mencegah paparan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),” terangnya.