blank
Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kemenkumham Jateng, Jusman saat membuka acara fashion show, rangkaian peringatan HDKD ke 77 di aula Kanwil Jateng. Foto: Dok/Humas Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar Pekan Olahraga sebagai rangkaian kegiatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke 77 tahun 2022.

Kegiatan tersebut sekaligus untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang sudah dimulai sejak 15 juli 2022.

Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin melalui Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Jusman menyampaikan, peringatan HDKD tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Karena peringatan HDKD mulai tahun 2022 ini diperingati setiap tanggal 19 Agustus. Sebelumnya HUT Kemenkumham diperingati setiap tanggal 30 Oktober. Dari situ kemudian didatangkan para pakar hukum dan sejarah. Banyak yang mempertanyakan, sebenarnya peringatan HDKD itu tanggal berapa. Akhirnya diputuskan (Surat Menkumham) bahwa mulai tahun 2022 ini HUT Kemenkumham diperingati setiap tanggal 19 Agustus,” papar Jusman di Kanwil Kemenkumham Jateng, Jumat (29/7/2022).

Jusman mengatakan, sebagai bentuk syukur kemudian dibuat Pengurus Persatuan Olahraga Pengayoman seluruh Kanwil, dan ada jenis-jenis olahraga yang akan dilombakan.

“Dalam rangkaian HDKD ke 77 ini, berbagai kegiatan olahraga kita laksanakan diantaranya bola voli, tenis meja, dan donor darah,” kata Jusman.

Kanwil Kemenkumham Jateng juga menggelar baksos dengan membantu rumah-rumah ibadah seperti masjid, gereja, bersih-bersih rumah ibadah, makam pahlawan dan lainnya.

blank
Lomba fashion show oleh ibu-ibu Dharma Wanita Kanwil Kemenkumham Jateng. Foto: Dok/Humas Kumham Jateng

Selain itu ada lomba fashion show yang diikuti ibu-ibu dharma wanita Kemenkumham Jateng. Dengan mengenakan kreasi batik hasil karya warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), ibu-ibu dharma wanita ini terlihat anggun dan energik.

“Kita juga akan melangsungkan kegiatan sepeda santai, dan pada tanggal 19 Agustus nanti akan digelar upacara peringatan HDKD, disusul malam harinya akan ada syukuran di Kanwil Jateng, sebagai puncak acara HDKD,” ungkap Jusman.

Sementara itu kegiatan peringatan HDKD sendiri bertema ‘Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin Pasti dan Berakhlak’.

Disebutkan, sebelumnya Kementerian Hukum dan HAM ikut berupaya membantu sektor usaha, khususnya UMK. Melalui hadirnya bentuk badan hukum baru, yaitu perseroan perorangan merupakan sebuah terobosan dan yang pertama di dunia.

Ada juga kegiatan Yasonna mendengar. Melalui Yasonna mendengar, Kemenkumham mengajak pelaku usaha kreatif untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektual.

“Tahun ini, Kanwil Kemenkumham Jateng juga mendapat penghargaan sebagai penyelenggara Obrolan Peneliti (Opini) Kanwil terbaik,” tambah Jusman.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan rangkaian HDKD ini, pimpinan sangat mensuport semua kegiatan yang dilaksanakan di Kanwil Kemenkumham Jateng.

Jusman berharap, dengan berlangsungnya kegiatan dalam rangka HDKD ini makin terbangun kebersamaan dan keguyupan.

Ning Suparningsih