Karenanya, tambah Benny, dipandang perlu Paskibraka untuk senantiasa tidak hanya menjunjung tinggi nilai nilai Pancasila tetapi juga dengan nyata melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga kaum muda Indonesia yang melihat para role model mereka bertindak dapat juga mengerti dan melaksanakan nilai nilai yang digali dari adat budaya luhur bangsa ini , sehingga Pancasila dan Indonesia tidak menghilang digerus zaman,” pria kelahiran Malang ini.

Spirit Persatuan dan Keberagaman

Benny menyampaikan bahwa para Paskibraka adalah spirit persatuan sekaligus keberagaman di Indonesia. Keberadaan Paskibra yang mewakili para putra dan putri terbaik negeri untuk mengibarkan bendera pusaka ini sekaligus bukti nyata  bahwa pemuda adalah komponen terbaik bangsa untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui Pancasila.

Filosofi 17-8-45 yang diwakilkan dalam Tim Pengibar Bendera Pusaka ini menunjukkan bahwa Paskibraka harus dapat merefleksikan nilai nilai kemerdekaan. “Kemerdekaan untuk berprestasi, mengaktualisasikan diri secara positif dan mampu menunjukkan kualitas dan teladan indonesia di mata dunia,” ujarnya.

Acara ini dihadiri Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Wisnu Bawa Tenaya, Anggota Dewan Pengarah BPIP Soedhamek Aws, serta para  Anggota Dewan Pakar BPIP John Pieris, Sukidi Mulyadi, Ermaya Suradinata, dan Darmansyah Jumal.