blank
Romo Antonius Benny Susetyo (kiri) dan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Merdeka. Foto: Dk Romo Benny dan tangkapan layar youtube.

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka merupakan representasi kaum muda Indonesia yang beragam. Mereka dipilih melalui seleksi yang ketat, hingga terpilih yang terbaik.

“Hendaknya mereka yang telah menjadi anggota Paskibraka dapat terus  berperan aktif menjadi contoh aktualisasi nyata nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari khususnya dalam era media sosial dan digital seperti sekarang ini,” kata Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo di Aula Sarbini Taman Bunga Wiladatika Depok, Jabar, Minggu (23/7/2022).

Romo Benny menyatakan hal tersebut dalam acara  Pembinaan Ideologi Pancasila dalam rangka Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan bagi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) nasional tahun 2022 yang diselenggarakan  oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Dalam kesempatan ini lebih lanjut pakar komunikasi tersebut menyatakan, para pemuda Indonesia yang terpilih sebagai anggota Paskibraka, harus dapat menjadikan Pancasila sebagai habituasi dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan negara.

blank
Romo Antonius Benny Susetyo sedang berbicara di depan para anggota Paskibraka 2022 di Taman Bunga Wiladatika, Depk, Jabar. Foto: Dok Romo Benny.

“Hal ini dilakukan karena sekarang masyarakat khususnya kaum muda melihat para anggota Paskibraka sebagai figur yang dibanggakan sekaligus menjadi contoh bagaimana seharusnya kaum muda mengisi masa depannya,” kata Romo Benny.