blank
Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana (kiri), saat memberikan sambutan dalam Musprov Pertina Jateng. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023, yang dihelat di Pati Raya.

Langkah strategis yang dilakukan di antaranya, mengundang tuan rumah Porprov untuk memaparkan kesiapan penyelenggaraan secara menyeluruh. Baik itu terkait venue, akomodasi, transportasi, maupun support dari pemerintah setempat dan stakeholder lainnya.

Pati Raya sendiri dijadwalkan akan mempresentasikan persiapan Porprov di Kantor KONI Jateng, Selasa (19/7/2022). Tuan rumah Porprov Jateng di Pati Raya, meliputi Kabupaten Kudus, Pati, Jepara, Grobogan, Blora, dan Rembang.

BACA JUGA: Tidak Ada Korban Jiwa Dalam Laka Tunggal di Tanjakan Tanah Putih Kota Semarang

Bona menegaskan, persiapan Porprov 2023 menjadi perhatiannya, mengingat pada tahun itu juga akan ada babak kualifikasi PON. Ajang multieven Nasional PON XXI sendiri, dihelat di Aceh dan Sumut pada 2024.

”Kami terus mengoptimalkan persiapan Porprov. Selepas mendengarkan paparan dari Pati Raya, kami juga akan mengagendakan terjun langsung ke lapangan, untuk mengecek kondisi riil. Misalnya, mengecek apakah venue yang digunakan memenuhi standar Nasional atau tidak,” kata Bona, di sela-sela menghadiri Musprov Pengprov Pertina di Kantor KONI Jateng, Sabtu (16/7/2022).

Dijelaskan dia, untuk babak Pra-Porprov sudah digelar sejak Maret lalu, dan akan berakhir Desember 2022. Sejumlah cabang telah melaksanakan babak kualifikasi Porprov.

BACA JUGA: Kairul Anwar Akan Kuatkan Kapasitas Atlet dan Pelatih Tinju Jateng

Di antaranya Pengprov PASI menggunakan even atletik Jateng Open 2022 di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, pada 1-3 Maret lalu, sebagai seri babak Pra-Porprov.

Selanjutnya, Pengprov Gabsi menyelenggarakan kualifikasi biliar di Kota Pekalongan pada 2-5 Juni. Belakangan, FPTI Jateng menggelar Pra-Porprov panjat tebing di komplek Gelora Jatidiri, 2-7 Juli.

Bona menambahkan, Poprov 2023 dan persiapan menuju Pra-PON, saat ini menjadi fokus KONI. Oleh karena itu, sinergitas sangat dibutuhkan agar agenda itu bisa berlangsung sukses. Terciptanya suasana yang harmonis di semua lini olahraga, akan menghasilkan prestasi yang diinginkan.

BACA JUGA: Covid-19 Kabupaten Magelang, 19 Orang Terkonfirmasi Corona

Diungkapkan dia, dalam upaya memajukan pembinaan olahraga, pihaknya memang mengusung spirit HATI atau Harmony, Accountability, Transparancy, Integrity.

”Dalam berbagai kesempatan, kami selalu menekankan pentingnya harmoni, laporan yang akuntabel, transparan dan integritas para pelaku olahraga. Dengan semangat itu, kita bisa membangun prestasi olahraga dengan baik,” pungkasnya.

Riyan