blank
Kairul Anwar (tengah), bersama Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana (kiri), dan Wakil Ketua Harian I PP Pertina Victor Edison Simanjuntak. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kairul Anwar SH MH yang juga seorang advokat asal Kota Semarang, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengprov Pertina Jawa Tengah Periode 2022-2026, dalam Musyawarah Provinsi (Musprov), yang berlangsung di Aula KONI Jateng, Semarang, Sabtu (16/7/2022).

Pada kepengurusan sebelumnya yang dipimpin Simon Legiman, Kairul menjabat sebagai Wakil Ketua Umum I Bidang Organisasi.

Proses pemilihan ketua berjalan mulus, karena Kairul menjadi calon tunggal dalam sidang pemilihan yang dipimpin Nursito (Kabupaten Sukoharjo), dengan beranggotakan Rahmulyo Adiwibowo (Kota Semarang) dan Amin Siahaan (Kota Salatiga). Musprov dihadiri 21 pengkab/pengkot Pertina dari 26 anggota Pertina Jateng.

BACA JUGA: PD Muhammadiyah Kendal Gelar Pengajian Umum dalam Rangka Milad Ke-113

Sidang juga memutuskan, Kairul menjadi ketua tim formatur, didampingi Sudarsono dan Achmad Ris Ediyanto, untuk menyusun kepengurusan selama maksimal 30 hari.

Dalam Musprov yang dibuka Wakil Ketua Harian I PP Pertina, Brigjen Pol (Purn) Victor Edison Simanjuntak, juga memutuskan laporan pertanggungjawaban pengurus lama diterima tanpa ada catatan. Turut hadir dalam pembukaan musprov, Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana.

Dalam sambutannya, Edison menyatakan apresiasi terhadap prestasi tinju di Jateng, dengan capaian medali emas di PON XX/Papua lalu. Kepada Kairul dia berharap, Jateng menjadi pemasok atlet-atlet berkaliber internasional, untuk dipersiapkan ke SEA Games atau Asian Games.

BACA JUGA: Polisi Tangkap 8 Orang Diduga Joki UTBK SBMPTN di Jatim

”Kita bersyukur, pembinaan tinju amatir di Tanah Air sudah bangkit. Pada perhelatan SEA Games Vietnam, kita membawa pulang 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu, dari enam petinju yang dikirim. Bahkan Indonesia juga ditawari menjadi tuan rumah Kejuaraan Tinju Dunia. Saya berharap Jateng suatu saat nanti bisa menyumbangkan atlet Nasional,” kata Edison.

Dia juga mengingatkan, agar pengurus baru mempersiapkan acara pelantikan, maksimal tiga bulan sejak musprov digelar. Pasalnya sesuai ketentuan, jika melebihi tiga bulan, ketua terpilih bisa dinonaktifkan.

Sementara itu, Bona juga berharap, tinju Jateng bisa mempertahankan tradisi medali emas di PON XXI/Sumut-Aceh. Dia optimistis, Kairul dengan rekam jejaknya sebagai insan olahraga, bisa merangkul orang-orang berpengalaman untuk memajukan tinju.

BACA JUGA: Komisi Yudisial Jateng Dukung LBH Ansor Cetak Paralegal

”Di arena PON, kita punya sejarah medali emas melalui Didik Hartanto di PON 1989, PON 1996 lewat kepalan Sonny Rambing, dan PON 2021 oleh Willis Boy Riripoy, dengan perjuangan berdarah-darah. Di PON Aceh-Sumut, emas tinju harus dipertahankan,” sebut Bona.

Di bagian lain, Kairul Anwar memberikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dia mengakui, tantangan ke depan mengadang pengurus baru, terutama menyiapkan atlet yang dipersiapkan ke Pra-PON tahun depan. Selain itu memenuhi harapan PP Pertina untuk memasok atlet ke Pelatnas.

”Ke depan, saya akan intens menyolidkan organisasi, menjalin komunikasi dengan kabupaten/kota. Bersama pengurus, kami akan menguatkan kapasitas atlet dan pelatih,” tandas Ketua DPC Peradi Kota Semarang dan Komdis PSSI itu.

Riyan