blank
Wagub Jateng   KH Taj Yasin Maimun tengah menyapa jemaah haji Kloter I yang baru kembali dari menunaikan ibadah haji di tanah suci dalam acara di Asrama Haji Donohudan, Jumat (15/7) malam. Foto: Bagus Adji

BOYOLALI(SUARABARU.ID) – Sebanyak 360 jemaah haji asal Kabupaten Pati telah kembali di tanah air. Penyerahan jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) I SOC oleh Ketua PPIH Embarkasi Solo Masa Kepulangan dilakukan Dr H Masmin Afid MAg SAg kepada Bupati Pati H Haryanto SH MM MSi .

Acara penyambutan Kloter I Embarkasi Solo 1443 H / tahun 2022 M masa pemulangan dihadiri Wakil Gubernur Jawa KH Taj Yasin Maimun di Asrama Haji Dono Hudan Boyolali, Jumat (15/7) malam.

Pantauan suarabaru.id di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali mengungkapkan, kedatangan jamaah haji Kloter I SOC berlangsung sekitar pukul 22.44 WIB.

Usai acara penyerahan oleh Ketua PPIH Embarkasi Solo Masa Kepulangan Dr H Masmin Afid MAg SAg kepada Bupati Pati H Haryanto SH MM MSi, 360 jamaah haji langung menuju Pati melalui perjalanan darat dan berangkat dari Asrama Haji Donohudan pada Sabtu (16/7) sekitar jam 00. 35 WIB dinihari.

Ketua PPIH Embarkasi Solo Masa Kepulangan Dr H Masmin Afid MAg Sag melaporkan,jemaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Solo tahun 2022 jumlahnya lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Hal demikian dikarenakan adanya pembatasan kuota jemaah haji dan petugas haji dari pemerintah Arab Saudi. Jamaah yang masuk ke embarkasi SOC pada masa keberqangkatan 15.459 orang dan tergabung dalam 44 kloter.

Jamaah Meninggal

Rinciannya, 15.191 jemaah dan 172 petugas haji kloter dan 83 petugas haji daerah dan 13 pembimbing KBIHU. Jemaah haji Jateng/DIY yang diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 15.547 orang dan tergabung dalam 44 kloter.