blank
PDAM Kebumen terus memperbaiki pipa induk yang jebol terkena alat berat pengerjaan drainase di depan Pasar Tumenggungan.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen Selama dua hari terakhir terjadi pemadaman air dari PDAM.

Hal ini disebabkan karena ada perbaikan pipa jaringan di sejumlah titik karena terjadi kebocoran karena terkena alat berat. Utamaanya ada pekerjaan drainae di depan Pasar Tumengungan atau di Jalan Pahlawana (kini Jalan Soekarno-Hatta) ada pipa PDAM terkenz alat berat.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen Zein Musta’in menyatakan, pemadaman air di wilayah Kota Kebumen dan sekitarnya sudah terjadi sejak Kamis (14/7) malam dan sempat mengalir kembali pada Jumat (18/7) pagi.

Namun pada pada Jumat siang sekitar pukul 11.43 WIB , aliran PDAM yang ke arah Kebumen Kota dan Pejagoan terpaksa dimatikan kembali karena masih terjadi kerusakan pipa jaringan yang disebabkan terkena alat berat eksavator.

Di Jalan Soekarno-Hatta tepatnya di depan Pasar Tumenggungan sedang ada penggalian pekerjaaan drainase. Kemudian mengenai Pipa Jaringan Distribusi Utama PDAM Kebumen (JDU), sehingga pipa air bocor.

“Berkaitan dengan hal tersebut saat ini PDAM sedang berupaya memperbaiki kebocoran akibat pipa JDU yang pecah sehingga untuk sementara aliran PDAM yang ke arah kota Kebumen dan Pejagoan dimatikan selama perbaikan,”terang Zein.

Dia menyebut, estimasi pengerjaan perbaikan pipa air yang rusak memerlukan waktu 6 jam – 8 Jam atau sekitar pukul 20.00 WIB). Terkait dengan adanya proyek pengerjaan drainase, pihaknya meminta agar lebih hati-hati dan terus dalam pengawasan PDAM. Mengingat banyak jaringan pipa air di dalamnya.

“Saya mengimbau untuk lebih hati-hati, dan harus dilakukan pengawasan, sehingga pengerjaan drainase tidak kembali mengenai pipa PDAM,”ucapnya.

Wilayah pipa air PDAM yang dimatikan hampir seluruh kecamatan Kebumen, dan juga sebagian wilayah Kecamatan Pejagoan. Atas ketidaknyamanan ini, pihaknya menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat.

“Semoga perbaikan cepat selesai dan aliran normal Kembali. Tak lupa kami mohon maaf atas terganggunya aliran air dan ketidaknyamanannya pelayanannya kami kepada pelanggan PDAM Kebumen. Atas perhatianya disampaikan terima kasih,”jelasnya.

Zein menambahkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah, termasuk Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Ia mengaku mendapat pesan dari Bupati agar persolan kebocoran jaringan ini segara diatasi dengan baik, dan cepat.

Komper Wardopo