blank
Sungai ati Boom Lama (Foto: Detikcom)

JEPARA (SUARABARU.ID)– Bertempat di Ruang Command Center Sekretariat Daerah Jepara, Komunitas Peduli Sungai (KPS) Bina Muda Welahan beraudiensi dengan Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta Kamis, (14/7/2022).

blank
Komunitas Peduli Sungai Welahan saat beraudiensi dengan Pj. Bupati Jepara.

Di hadapan Pj. Bupati Jepara, Mohammad Nasir Maulana, Ketua KSP Bina Muda Welahan ini menyampaikan persiapan Desa Welahan akan mengikuti Lomba Peduli Sungai tingkat provinsi yang akan berlangsung dua tahap.

Komunitas yang terbentuk sejak tahun 2015 setelah terjadi banjir besar di Sungai Kali Boom akan mengikuti tahapan, tahap pertama akan dilakukan penilaian lapangan pada Selasa, (26/7/2022). Persiapan yang akan dilakukan meliputi pemeliharaan dan penambahan fasilitas umum.

Lana mengatakan selama terbentuk komunitas ini telah melakukan sejumlah gerakan seperti pembersihan sungai dari sampah dan eceng gondok, pemanfaatan sungai sebagai wisata air, penebaran benih ikan, hingga lomba mancing yang dilaksanakan tiap hari jadi Jepara.

Menanggapi hal tersebut, Edy Supriyanta sangat mengapresiasi Komunitas Peduli Sungai. “Ini bagus untuk dijadikan contoh, nanti OPD silakan membantu fasilitas pendukung,” kata Edy.

“Tidak harus baru, fasilitas yang sudah ada milik pemerintah diperbaiki dan dihibahkan juga bisa”, lanjutnya.

Selanjutnya KPS Bina Muda Welahan akan mengikuti penilaian pemaparan dengan enam komunitas lainnya yang akan dilaksanakan Kamis, (28/7/2022). Edy terlihat antusias dengan gerakan ini karena memberikan dampak positif dengan meningkatnya kebersihan lingkungan dan kualitas air di sekitar Sungai Kali Boom.

“Semoga ini bisa menjadi percontohan bagi daerah lain,” pungkas Edy.

ua