blank
Usai melaksanakan Shalat Id, Wagub menyerahkan satu ekor hewan kurban berupa sapi. Foto: majt

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ribuan jamaah yang berasal dari Kota Semarang dan sekitarnya, menunaikan Shalat Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Minggu (10/7/2022).

Sejak pukul 06.30 WIB, masyarakat mulai memadati komplek masjid, setelah dua tahun pelaksanaan Shalat Idul Adha ada pembatasan akibat pandemi covid-19. Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, bertindak selaku khatib pada ibadah Shalat Id itu.

Kehadiran Gus Yasin ke MAJT, tidak banyak diketahui para jamaah, karena tidak mengendarai mobil dinas wagub, melainkan mengendarai Vespa PX, berangkat dari rumah dinas sekitar pukul 06.00 WIB.

BACA JUGA: Kapolda Jateng Bersama Warga Melaksanakan Salat Idul Adha di Asrama Brimob

Kehadiran Wagub disambut panitia dan Ketua PP MAJT, Prof Dr H Noor Ahmad MA, Sekretaris PP MAJT, H Muhyiddin, Ketua Panitia Idul Adha MAJT, Dr H Nur Khoirin YD, H Norhadi, H Ahyani, H Isdiyanto Isman, dan sejumlah panitia maupun pengurus MAJT.

Dalam khotbahnya, Gus Yasin menyampaikan, umat Islam Indonesia terbukti dapat berjuang dan berkorban dengan semangat persaudaran, menghadapi pandemi covid-19 yang hingga kini masih terjadi.

”Idul Adha kali ini patut kita syukuri. Salah satunya, jamaah haji Indonesia sudah berangkat menunaikan ibadah haji,” kata Gus Yasin.

blank
Wagub Taj Yasin melaksanakan Shalat Id di MAJT, bersama masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya. Foto: majt

BACA JUGA: Pesan Damai Ganjar Pranowo pada Kondisi Dunia Saat Ini

Usai menunaikan Shalat Id, Gus Yasin menyerahkan hewan kurban, termasuk dari sejumlah pihak. Jumlah hewan kurban yang diserahkan sebanyak 39 ekor, terdiri dari 11 ekor sapi dan 28 ekor kambing.

Sedangkan Ketua Panitia Idul Adha MAJT, Dr H Nur Khoirin YD memberikan apresiasinya kepada semua pihak, yang telah membantu terlaksananya Shalat Idul Adha di MAJT.

”Alhamdulillah, pelaksanaan Shalat Idul Adha berjamaah di MAJT berjalan lancar dan tertib. Sesuai dengan kapasitas Masjid Agung Jawa Tengah bisa menampung sekitar 20 ribu jemaah, dan tiga pintu akses masuk dibuka, sehingga lalu lintas pun tidak begitu macet,” ujarnya.

BACA JUGA: Ganjar Salat Idul Adha dan Serahkan Hewan Kurban di Simpang Lima Semarang

Untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, akan dilaksanakan pada hari pertama Tasyrik, Senin (11/7/2022), mulai pukul 07.00 WIB.

Hewan kurban berupa sapi yang ada di MAJT berjumlah 11 ekor, yang berasal dari Udinus, BPN, Walikota, SPHC, Baznas Pusat, Bank Jateng, MAJT, Wagub Jateng, Kapolda Jateng, Gubernur Jateng, dan dari Walikota Semarang.

Sedangkan kurban kambing di antaranya berasal dari Ketua Umum MUI Jateng, KH Ahmad Darodji, BTN Syariah, Dandim Salatiga, Hotel Santika, Korem Yogyakarta, PT Djarum, Bapenda Provinsi Jateng, BPR Kedung Arto, Alm Hendro Suroyo bin Sumowigoyo, Alm Etty Suicanti binti Sunarjo, PT Prima Mitra Laksana, H Harsono, Kamal, Yumna, Puji Anggoro, serta Ratna Binti Ibrahim.

Riyan