blank
Ilustrasi Gingseng. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Apakah kamu familiar dengan tanaman ginseng Korea? Ginseng Korea atau nama lainnya Panax ginseng adalah salah satu jenis gingseng yang dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Pasalnya sudah sejak lama, gingseng Korea ini dipakai sebagai obat tradisional Cina dan dipercaya dapat melancarkan sirkulasi tubuh dan memiliki ciri khas menghangatkan.

Dilansir dari Suara.com manfaat ginseng Korea ini pun beragam bagi kesehatan dan salah satu yang paling terkenal adalah mengatasi disfungi ereksi. Tanaman ginseng Korea adalah obat tradisional yang tumbuh di kawasan Asia Timur dan sering ditemukan di pegunungan sekitar Korea, Cina, dan Rusia.

Baca Juga: Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut Bagi Kesehatan

Umumnya gingseng Korea ada dua jenis yakni tidak dikukus dan berwarna putih dan satunya lagi dikukus dan berwarna merah. Ginseng Korea memiliki rasa yang sedikit manis dan akan memunculkan rasa pahit setelah dikonsumsi.

Namun meskipun rasanya pahit, namun ginseng Korea ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan seperti dirangkum dari Sehatq.com berikut ini.

1. Hasrat seksual

Selain mengatasi masalah disfungsi ereksi, ginseng Korea juga dapat meningkatkan hasrat dan kepuasan seksual pada wanita yang sedang dalam masa post menopause.

Baca Juga: Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Salah Satunya Dapat Mengatasi Insomnia

Penggunaan ginseng Korea terutama yang berwarna merah dalam bentuk bubuk ini dipercaya dapat menaikkan hasrat seksual pada wanita yang mengalami masalah seksual.

2. Fungsi kognitif

Dengan mengonsumsi ginseng Korea ini dapat meningkatkan kemampuan memori jangka pendek dan fungsi kognitif otak.

Terutama bagi kaum lanjut usia coba untuk mengonsumsi ginseng Korea karena mengandung senyawa antioksidan di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan dan Keindahan Rambut

Bahkan dengan mengonsumsi ginseng Korea secara rutin selama 12 minggu dapat meningkatkan performa kognitif pada penderita Alzheimer.

3. Mengurangi gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Ginseng Korea dapat dipercaya untuk meringankan gejala PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis. Penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK adalah gangguan pada paru yang menyebabkan penderitanya kesulitan untuk bernapas.

4. Mengurangi risiko terkena flu

Dengan mengonsumsi ginseng Korea, hal ini dapat menurunkan risiko Anda terjangkit flu. Walaupun ginseng Korea tidak dapat mengobati saat kamu terkena flu namun bisa mempercepat penyembuhan saat terserang sakit flu ini.

Nah itulah tadi 4 manfaat ginseng Korea bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Claudia