blank
Almarhum Tjahyo Kumolo/Wiki Pedia

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Partai Demokrakasi Indonesia Perjuangan (PDIP), kehilangan salah satu tokoh andalannya. Tjahjo Kumolo, SH, Jumat (01/07/2022), meninggal dunia sekitar pukul 11.00.

Bung Tjahyo Kumolo, panggilan akrab almarhum, meninggal setelah menjalani perawatan sejak sekitar dua minggu lalu di rumah sakit.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 WIB setelah menjalani perawatan beberapa hari ini di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Dari biografinya Tjahyo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 (65 tahun), adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya almarhum pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Beliau juga merupakan salah seorang politikus Indonesia dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Sekjen PDIP

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015[1] yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

Almarhum sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

Selamat jalan Bung Tjahyo Kumolo, jasa-jasamu akan selalu dikenang masyarakat Indonesia. Semoga Bung Tjahyo mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT, amin…

MM