blank
Peserta acara melakukan praktik pertolongan pertama saat terjadi bencana yang dipandu oleh BPPD Rembang. Foto: Humas SG

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan warga untuk mengenali ancaman bencana di wilayahnya, serta agar warga mampu mengorganisasikan sumber daya untuk mengurangi kerentanan dan risiko bencana.

“Perusahaan melihat bencana bukan hanya urusan pemerintah. Perlu adanya sinergi dalam penanggulangan bencana dari segala sektor masyarakat. Semen Gresik berkomitmen untuk mengambil peran dalam hal tersebut,” ujar Dharma dalam rilisnya, Kamis, (23/6/2022).

Menurut Dharma, pada tahun 2020 telah ditandatangani nota kesepahaman antara PTSG dengan BPBD Kabupaten Rembang terkait kerjasama dalam upaya penanggulangan bencana. Desa Criwik kemudian dipilih sebagai sasaran program Desa Tangguh Bencana sesuai hasil pengkajian risiko potensi bencana dari BPBD Kabupaten Rembang.

Sub Koordinator Pencegahan BPBD Rembang Yahya menyatakan, PTSG telah membantu dalam proses Optimalisasi Desa Tangguh Bencana. “Sebagai sebuah lembaga pemerintah yang bertugas dalam penanggulangan bencana, BPBD Rembang membutuhkan bantuan dari banyak pihak, salah satunya PTSG sebagai korporasi. Ia berharap kerja sama antara BPBD Rembang dan PTSG dapat tetap terjalin secara berkesinambungan,” kata Yahya.