blank
IPDA Broto, Kanit Binmas Polsek Boja, Polres Kendal yang sebelumnya menjabat Bhabinkamtibmas Kelurahan Jatisari Polsek Mijen Polrestabes Semarang ini, dengan ikhlas melayani masyarakat menjadi sopir ambulance Masjid Jami Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Foto : Dok Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Sebagai bentuk syukur bertambahnya usia serta kesehatan dirinya dan keluarganya, Perwira pertama Polisi berpangkat Inspektur Dua ini, ingin menjadi pribadi yang lebih banyak memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitarnya, dengan mengabdikan dirinya menjadi sopir ambulance di masjid Jami tempat tinggalnya.

Sabda Rasulullah Muhammad SAW “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya”, itulah yang menjadi tuntunan pengabdiannya kepada masyarakat di sekelilingnya, untuk menjadi sopir dan merawat mobil ambulance Masjid Jami Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

“Ya dulukan waktu ngaji (belajar agama), kita selalu menerima petuah bagaimana bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan bertambahnya usia kita. Pas kebetulan, di Masjid Jami membutuhkan untuk yang bertanggungjawab terhadap mobil ambulance yang baru dan lain-lain, ya peluang itu Saya ambil,” jelas IPDA Broto, Kanit Binmas Polsek Boja Polres Kendal kepada SUARABARU.ID di Semarang.

Dalam menjalani kerja sosial itupun, mantan Bhabinkamtibmas Kelurahan Jatisari selama 13 tahun ini, menjalaninya dengan mengalir dan ikhlas apa adanya tanpa tujuan apa-apa, selain hanya ingin bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya, sehingga banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kerja sosial yang dijalaninya.

blank
IPDA Broto, Kanit Binmas Polsek Boja, Polres Kendal saat mendampingi Kapolsek Boja Polres Kendal AKP Agus Wibobo, SH. Foto : Dok Absa

“Jadi seperti subsidi silang mas. Ada juga warga tidak mampu yang menggunakan mobil ambulance ini, dibantu operasionalnya oleh warga yang lebih mampu. Terutama untuk mengangkut jenazah, sebab TPU (Tempat Pemakaman Umum) jauh dari pemukiman. Lalu di SPBU Jatisari malah tiap bulan kasih jatah bulanan untuk BBM ambulance,” terang putra ke 4 dari 8 bersaudara asli Ngawi Jatim ini.