blank
PESERTA - Beberapa calon peserta didik baru SMAN 3 Kota Tegal menunggu di pintu gerbang. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Sejumlah orang tua wali murid yang mendaftarkan putra-putrinya ke SMA di Kota Tegal panik, lantaran server mengalami error beberapa jam, akibatnya data tidak bisa di input.

Akibat server tidak berfungsi orang tua murid Supratiningsih (47) warga Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal merasa panik dan kecewa.

“Kita mendaftarkan anak saya sudah datang di sekolah SMAN 3 Tegal pukul 07.30 sudah mengantri panjang tiba-tiba ada pemberitahuan dari panitia bahwa server sedang error. Saya panik akhirnya pulang dijanjikan untuk ke sekolah kembali,” kata Supratiningsih.

Lebih lanjut Supratiningsih mengatakan, pembuatan akun sudah dilakukan dan semua berkas sudah diserahkan ke panitia, tinggal diinput menunggu server jalan.

Salah satu guru SMAN 3 Kota Tegal Nurokhman mengaku hari Kamis (16/6/2022) saat mau verifikasi server kendor. Pihaknya memberikan solusi untuk menampung semua dengan metode nomor antrian. “Besok Insya Allah bisa dibuka dari calon peserta didik baru bisa datang kembali,” katanya.

Terkait server, kata Nurokhman, pihaknya sudah menghubungi Telkom Provinsi Jawa Tengah, tapi belum ada jawaban. Gangguan server, lanjut Nurokhman, mulai pukul 08.00 sudah mengalami error. Biasa terjadi pada hari-hari pertama seperti ini.

“Agar tidak ada kekecewaan dari calon peserta didik kita tampung semua yang sudah verifikasi khususnya, berkas kita kumpulkan. Yang mau menunggu silakan, kalau mau pulang ya nggak papa, nanti tetap kita layani esok harinya,” tambahnya.

Sebenarnya sekolahan memverifikasi saja namun untuk SMAN 3 Kota Tegal, membantu untuk membuat akun. Karena kebanyakan dari calon peserta didik baru untuk membuat akun masih bingung. “Kita buka layanan itu sekalian untuk verifikasi,” pungkasnya.

Sutrisno