blank
Ilustrasi ikan tuna. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang menggambarkan kecantikan dan keindahan tubuh, sehingga kita perlu menjaga kesehatan kulit dengan membuat nya tetap lembab.

Dilansir dari Suara.com, kulit yang kering akan menimbulkan garis halus, keriput, hingga tampak lebih tua yang tentu akan berdampak pada penurunan kepercayaan diri dihadapan publik.

Kulit yang kering biasanya disebabkan oleh kekurangan zat gizi, seperti vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Seng, serta Selenium. Oleh karena itu, salah satu cara dalam menjaga kelembaban kulit adalah dengan memilih jenis makanan yang tepat.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan dan Keindahan Rambut

Mengutip tulisan Veronica Zambon dari laman Medical News Today, berikut 5 jenis makanan yang bisa mengatasi kulit kering:

1. Hati Sapi

Hati sapi merupakan salah satu sumber vitamin A terbaik. Menurut National Institute of Health, kandungan vitamin A dalam 1 porsi atau setara dengan 3 ons hati sapi adalah sebanyak 6582 mcg. 1 porsi hati sapi ini akan mencukupi hingga 731% dari kebutuhan harian vitamin A bagi orang dewasa.

Vitamin A mengandung retinoid dan karotenoid yang mampu memerangi gejala kulit kering dengan melindungi kulit dari sinar UV, mengurangi gejala psoriasis yang bisa menimbulkan efek bercak dan bersisik pada kulit.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Jujube, Salah Satunya Dapat Mengatasi Insomnia

2. Paprika Merah

Paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dimana 1 porsi paprika merah mengandung 95 mg vitamin C. 1 porsi paprika merah bisa mencukupi hingga 106% dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Vitamin C berfungsi dalam proses hidrasi kulit sehingga menjaganya tetap lembab serta meningkatkan kolagen agar kulit tidak tampak keriput.

3. Minyak Ikan Cod

Minyak ikan cod menjadi salah satu sumber vitamin D yang paling baik, dimana pada 1 sendok makan minyak ikan cod memiliki kandungan 34 mcg vitamin D. Jumlah tersebut dapat memenuhi hingga 170% dari kebutuhan vitamin D harian orang dewasa. Vitamin D berfungsi dalam menghambat terjadinya keratinosit yang dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, serta tampak keriput .

4. Tiram

Pada 1 ons tiram mengandung 74 mg mineral seng yang dapat memenuhi hingga 673% kebutuhan mineral seng harian orang dewasa. Mineral seng juga berfungsi dalam melembabkan kulit.

Baca Juga: Jenis Sayuran Ungu yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

5. Ikan Tuna

Salah satu jenis ikan laut ini merupakan sumber mineral selenium terbaik. Dalam 3 ons daging ikan tuna memiliki kandungan 92 mcg selenium yang dapat memenuhi 167% kebutuhan mineral selenium harian orang dewasa. Mineral selenium dapat melindungi kulit dari sinar UV dengan meningkatkan aktivitas enzim di kulit, sehingga dapat menjaga kelembaban kulit.

Claudia