Personel Polsek dan Koramil bersama jajaran Forkompimcam Batuwarno, Wonogiri, memantau pelaksanaan bakti sosial donor darah massal di SMP Negeri 1 Batuwarno.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Wonogiri, mengalami kekurangan stok darah. Indikasi kekurangan darah ini, terjadi sejak pasca-Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1443 H.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Wonogiri, Dokter Heri Susanto, Rabu (18/5), mengatakan, pemicu terjadinya kekurangan stok darah karena ada peningkatan permintaan. ”Di sisi lain, perolehan darah dari para pendonor mengalami penurunan,” jelasnya.

Penurunan perolehan darah, terjadi pada setiap kegiatan pelayanan donor darah massal yang digelar di daerah. ”Semisal di daerah A, biasanya mendapatkan 60 colf, tapi realisasinya hanya dapat 30 colf,” ujar Dokter Heri Susanto.

Data terkini stok darah di UDD PMI Kabupaten Wonogiri, untuk Golongan A hanya tersedia 1 colf, Golongan B dan Golongan AB masing-masing hanya 6 colf dan untuk Golongan O kosong. Total stok hanya tersedia sebanyak 13 colf (kantong)

Sementara itu, agenda pelayanan donor darah massal Rabu (18/5) hari ini dilaksanakan di Kecamatan Baturetno. Kamis besok (19/5) di BMT Mitra Usaha dan Jumat (20/5) di Rumah Sakit (RS) Astrini Wonogiri.

Selanjutnya, untuk Sabtu (21/5) di Gereja Bersinar, Senin (23/5) di MTA Jatisrono, Rabu (25/5) di LDII Jatipurno, Sabtu (28/5) di LDII Wonogiri, Senin (30/5) di Kelurahan Pondoksari Kecamatan Nguntoronadi dan Senin (31/5) di MTA Purwantoro.

Batuwarno

Sementara itu, dalam rangka menyambut Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri Tahun 2022, dilakukan donor darah massal bertempat di SMP Negeri 1 Batuwarno Wonogiri. Ini dilakukan dalam turut serta mendukung pengadaan stok darah di PMI Wonogiri.

PMI Kabupaten Wonogiri, mengalami kekurangan stok darah. Total stok yang ada hanya sebanyak 13 colf (kantong). Perinciannya, untuk Golongan A satu colf, B dan AB masing-masing 6 colf dan untuk Golongan O kosong.

Serda Setio Budi dari Koramil-06/Batuwarno melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728/Wonogiri Serma Indra, menyatakan, donor darah massal tersebut mendapatkan pantauan langsung dari Forkompincam.

Dalam acara itu, Camat Batuwarno Kharisma Eko Setiono, mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah sukarela berpartisipasi menyumbangkan darahnya demi kemanusiaan.

”Semoga apa yang dilakukan saat ini, dapat bermanfaat untuk sesama. Utamanya untuk membantu mereka yang memerlukan darah,” kata Camat Kharisma Eko, sembari menambahkan bahwa setetes darah kita sangat berharga bagi orang yang membutuhkannya.

Bakti sosial (Baksos) donor darah massal dalam rangka menyambut Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri Tahun 2022 ini, diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Batuwarno bekerjasama dengan PMI Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur