Flairene Candrea Wonomiharjo

VIETNAM (SUARABARU.ID) – Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam, Ferry Kono bangga dengan kejutan yang ditorehkan atlet muda.

Prestasi tersebut diharapkan dapat menjadi pijakan mereka menuju ajang kompetisi yang lebih tinggi.

“SEA Games Vietnam belum berakhir, tetapi saya melihat banyak kejutan yang diciptakan atlet muda kita. Ini sekaligus membuktikan dominasi atlet muda di Tim Indonesia yang turun di SEA Games Vietnam ini,” kata Ferry.

Kejutan demi kejutan mampu diciptakan atlet muda di SEA Games Vietnam. Terbaru, Flairene Candrea Wonomiharjo tampil bak kuda hitam pada debutnya di cabang olahraga renang.

Ia finis tercepat dan berhak atas emas nomor 100m gaya punggung putri dengan catatan waktu 1 menit 3,36 detik.

Sebelum Flairene, perenang berdarah campuran Batak-Jerman Masniari Wolf juga sukses mengamankan medali emas di nomor 50m gaya punggung putri usai membukukan catatan waktu 29,210 detik.

“Flairene ini masih berusia 17 tahun. Sementara Wolf ini berusia 16 tahun. Tentu mereka yang akan menjadi tulang punggung Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Saya rasa pembutikan di SEA Games ini membuat kita tahu anak-anak ini lah yang perlu kita matangkan demi prestasi olahraga Merah Putih,” kata Ferry.

Selain dari cabor renang, beberapa atlet dari cabor senam Rifda Irfanalutfi juga membuat kejutan. Pesenam 22 tahun ini meraih emas di nomor all around dan floor exercise.

Hingga Rabu (18/05) pukul 08.00 WIB, Tim Indonesia menempati ranking 5 di klasemen sementara SEA Games 2021 Vietnam dengan 27 emas, 42 perak, 38 perunggu. Merah Putih berpotensi mendapat tambahan medali dari beberapa cabor yang akan dipertandingkan hari ini.

“Secara total sudah 268 dari dari 524 nomor event yang dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam. Artinya sudah 51 persen. Hari Ini kita berpotensi mendapat tambahan medali dari kano, karate, panahan, dan menembak. Saya juga berharap, atlet-atlet kita dari cabang olahraga catur bisa kembali memberikan penampilan terbaik dan menyumbangkan tambahan medali lagi,” tambah Ferry yang pagi ini sempat memberikan briefing kepada atlet catur sebelum berangkat ke Hai Phong untuk melihat perlombaan kano.

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor. Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media.

Muha