detik-detik waisak
Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan panggung di pelataran Kenari ( sisi barat bangunan Candi Borobudur). Tempat tersebut akan digunakan untuk puja bakti detik-detik Waisak 2566 BE yang jatuh yang jatuh pada pukul 11.13.46 WIB Senin ( 16/5/2022). Foto : Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)-  Bertepatan dengan detik-detik Waisak  2566 Buddhist  Era/2022 yang jatuh pada pukul 11.13.46 WIB Senin (16/5/2022), PT Taman Wisata Candi Unit Borobudur tetap melayani wisatawan yang akan mengunjungi Candi Borobudur.

“Sebelumnya, kami telah berkoordinasi  dengan panitia Waisak dari Walubi, dan diizinkan buka untuk melayani pengunjung ke Candi Borobudur,” kata General Manager PT Taman Wisata Candi Unit Borobudur, Aryono Hendro Malyanto, Jumat (13/5/2022).

Aryono mengatakan, para wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur tersebut  tetap diperbolehkan  sampai di pelataran Candi Borobodur.

General Manager PT Taman Wisata Candi Unit Borobudur, Aryono Hendro Malyanto. Foto : Yon

Namun, tidak diperkenankan sampai di halaman Kenari ( sisi barat Candi Borobudur). Karena, di tempat tersebut digunakan untuk umat Buddha melaksanakan ibadah Waisak dan detik-detik Waisak .

Menurutnya, biasanya pengunjung setelah sampai di pelataran candi bisa mengitari bangunan candi hingga halaman Kenari.

Baca juga Puncak Upacara Hari Raya Waisak di Candi Borobudur

Namun, karena halaman Kenari tersebut  terdapat panggung besar dan digunakan untuk puja bakti Waisak, maka wisatawan akan diarahkan keluar lewat pintu barat candi.

“Selain itu,  para wisatawan juga belum diperbolehkan  naik ke bangunan candi peninggalan Wangsa Syailendra tersebut. Karena masih dalam ditutup oleh Balai Konservasi Borobudur, sejak terjadinya pandemi covid-19 dua tahun silam,” katanya.