blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, saat melantik pejabat administrasi. Foto: SB/Diskominfo

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Guna mewujudkan kinerja yang berkualitas dan berdaya saing, pejabat administrasi di lingkungan Pemkab Wonosobo dituntut terus meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya.

Menurut Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, hal ini penting dilakukan, untuk memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat.

Dia beserta Wakil Bupati M Albar dan Sekda One Andang Wardoyo menaruh harapan yang besar kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat administrasi yang baru saja dilantik untuk segera beradaptasi di lingkungan kerja yang baru.

“Sehingga pelayanan publik dapat berjalan dengan maksimal, teruslah meningkatkan kompetensi dan kapasitas demi kinerja yang berkualitas,” ungkap Afif saat melantik pejabat administrasi, Kepala Sekolah dan penyerahan SK bagi Kepala Puskesmas di Pendopo Bupati.

Pelantikan dan penyerahan SK, lanjutnya, sebagai respon Pemkab Wonosobo dalam mengisi beberapa jabatan yang kosong, antara lain karena pejabat lama memasuki masa purna tugas.
Prosesnya sendiri melalui tahapan yang cukup panjang, berdasar pendekatan kompetensi dan kinerja.

Pihaknya berharap seluruh pejabat yang dilantik untuk terus belajar, berkarya, dan memberikan yang terbaik bagi bangsa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat luas.

“Promosi jabatan sudah melalui proses yang cukup panjang dengan pendekatan kompetensi dan kinerja di tempat kerja masing-masing,” imbuhnya.

Khusus Kepala Sekolah, Afif meminta, untuk melakukan inovasi dan percepatan dari sisi kualitas berbasis kompetitif dan trust.
Pasalnya masih banyak anak SD maupun SMP yang tidak mau melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Tingkatkan Kompetensi

“Lakukanlah inovasi dan percepatan kualitas berbasis kompetitif dan trush guna memajukan kualitas dunia pendidikan di Wonosobo. Apalagi kualitas pendidikan di daerah ini ke depan perlu terus digenjot,” pinta Afif.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonosobo, Tri Antoro menyampaikan, total pejabat ddministrasi yang dilantik sebanyak 31 orang.

Terdiri dari eselon III a promosi 2 dan mutasi 2, eselon III b promosi 2 dan mutasi 4, eselon IV a promosi 6 dan mutasi 5, eselon IV b promosi 7 dan mutasi 3 orang.

Sedangkan Kepala Sekolah 3 orang dan Kepala Puskesmas 3 orang. Pejabat administrasi yang baru saja dilantik untuk bekerja keras guna memajukan daerah Wonosobo sesuai tugas dan peran masing-masing.

“Saya berharap, semua ASN untuk terus meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya agar dapat mewujudkan ASN berakhlak, berorientasi pada pelayanan, akuntabel dan kompeten,” katanya.

Selain itu, ujar dia, ASN juga harus harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif, yang siap membangun Wonosobo dalam rangka mewujudkan Wonosobo yang berdaya saing, maju dan sejahtera.

Muharno Zarka