blank
Bupati bersama Forkopimda melihat lihat produk-produk Pusat Oleh-oleh Khas Blora, di Selatan Alun-alun Kota Blora.. Foto: Ist
BLORA (SUARABARU.ID) –   Pusat Oleh-oleh khas Blora di sebelah Utara Makam Sunan Pojok, Selatan Alun-alun Kota Blora, di oleh Bupati Blora. Minggu (1/05/2022).
Peresmian ditandani dengan pengalungan batik khas Blora kepada Ketua Dekranasda Blora Hj. Ainia Shalichah oleh Bupati Blora.
Hadir Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro,S.Sos,M.Tr Han beserta Istri, Wakapolres Blora Kompol Christian Chrisye Lolowang, SH., SIK., MH., Ketua Dekranasda Blora Hj. Ainia Shalichah, para Kepala OPD, dan sejumlah tamu undangan.
Ketua Dekranasda Blora Hj. Ainia Shalichah mengaku senang adanya pusat oleh oleh khas Blora.
“Kita menampung teman teman UMKM di Blora, supaya saudara kita yang mudik bisa memorial dengan makanan khas Blora, kita menampung teman teman UMKM, ” ucapnya.
Ainia mengaku pusat oleh oleh khas Blora ini akan dibuka selama satu bulan penuh dengan produk produk UMKM Blora.
“Kita mendekat di pusat kota dengan harapan ketika saudara kita yang ini mencari oleh oleh bisa terjangkau dengan mudah, ” katanya.
Ketua Dekranasda juga mengapresiasi produk UKM Blora yang sudah go nasional bahkan kemarin juga ada yang menjadi perbicangan di channel youtube artis Indonesia.
“Ini tentu bukti bahwa produk UMKM kita naik kelas, seperti produk olahan walang goreng kemarin yang masuk youtube, semoga kedepan produk UKM di blora ini bisa sampai go internasional, ” harapnya.
Sementara itu, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., mengatakan, ide membuka pusat oleh oleh khas Blora ini muncul setelah sukses selama bulan ramadan telah dilaksanakan bazar UMKM di Alun-alun Kota Blora.
“Ini untuk menyambut saudara – saudara kita yang mudik ke Blora, diharapkan ketika kembali ke tempat masing – masing, bisa membawa oleh – oleh dari Blora ini,” ucap H. Arief Rohman.
Bupati mengaku, saat ini untuk produk memang masih terbatas, namun pihaknya meminta agar bisa terus diisi, dan digalakkan untuk pelaku  UMKM agar mengisi dan menitipkan produk produknya di pusat oleh –  oleh khas Blora tersebut.
“Dari pameran UMKM kemarin ada yang kehabisan, dan ini masih produksi terus, ini upaya kita bagaimana produk UMKM di Blora bisa dikenal dan bisa ikut dipromosikan saudara – saudara kita yang ada diluar sana,” imbuhnya.
Tak hanya itu, Bupati juga meminta, BUMD – BUMD yang punya binaan UMKM juga bisa ikut mengisi pusat oleh – oleh ini.
blank
Foto bersama Ketua Dekranasda Blora dengan Forkopimda, usai Resmikan Pusat Oleh-oleh Khas Blora, di Selatan Alun-alun Kota Blora. Foto: Ist
“Dengan adanya pusat oleh oleh ini, diharapkan bisa ikut membantu hasil UMKM Blora, UKM Blora naik kelas, ” tandas Bupati Blora.
Usai Peresmian, Bupati  bersama sejumlah tamu undangan melihat isi produk UKM yang telah di titipkan di pusat oleh – oleh khas Blora tersebut, diharapkan dengan adanya tempat ini ikut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Blora dan mampu mengenalkan produk UMKM khas Blora ke luar daerah.
Untuk diketahui, di pusat oleh – oleh khas Blora tersebut, diantaranya ada sambal pecel, walang goreng, eggroll, bagelen, aneka keripik, dan jajanan lainnya, hingga batik serta seni kriya.
Kudnadi