blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama memeriksa pasukan pada apel gelar pengamanan malam Idul Fitri atau malam Takbiran.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen memberlakukan rekayasa lalu lintas saat perayaan malam Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah atau malam Takbiran.

Kawasan Alun-alun Kebumen, depan Pendopo Rumah Dinas Bupati dan Gedung Setda steril dari kendaraan. Kendaraan yang melalui kawasan tersebut tidak boleh berhenti guna mengurai kemacetan.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengungkapkan hal tersebut saat memimpin Apel Gelar Pengamanan malam Takbiran di Mapolres Kebumen, Minggu (1/5).

blank
Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama didampingi Wakapolres Kompol Edi Wibowo memimpin apel pengamanan malam Idul Fitri.(Foto:SB/Ist)

“Rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan arus lalu lintas di dalam kota saat malam Takbiran,”jelas AKBP Piter Yanottama didampingi Wakapolres Kompol Edi Wibowo, para Pejabat utama Polres serta pimpinan stake holder instansi terkait yang hadir dalam apel gelar.

Untuk kawasan Alun-alun Kebumen, jalan depan Pendopo Rumah Dinas Bupati dan Gedung Setda Kebumen Minggu malam akan ditutup dan steril dari kendaraan. Kawasan Alun-alun Kebumen hanya bisa dilalui kendaraan dari beberapa ruas jalan saja.

Pengunjung yang akan memasuki area Alun-alun yang diprediksi sebagai titik pusat keramaian, ganti bisa diakses melalui Jalan Soekarno-Hatta atau dari arah timur kota Kebumen, Jalan Ronggo Warsito atau dari arah Pejagoan, dan Jalan Veteran atau dari SMP Negeri 2 Kebumen.

Selanjutnya di kawasan Alun-alun Kebumen, para pengendara tidak diperbolehkan berhenti namun disarankan untuk tetap melanjutkan perjalanan.

Ada empat kantong parkir yang disediakan, yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang akan menikmati malam Takbiran di Alun-alun Kebumen tanpa kendaraan.

Diantaranya di jalan Soekarno-Hatta atau di dekat Kantor Kejaksaan Negeri Kebumen, di Jalan Mayjen Soetoyo di pusat jajanan Kebumen, Jalan Veteran atau di sebelah timur Dinas Kearsipan dan Perpusda Kebumen, Jalan Pahlawan, dan terakhir di Jalan Piere Tendean sebelah barat Alun-alun Kebumen.

Lebih lanjut Kapolres menyatakan, secara umum situasi Kebumen sampai dengan saat ini masih sangat kondusif.
Apel pengaman malam takbiran yang telah dilaksanakan di lapangan indoor tenis Polres Kebumen merupakan bentuk kesiapan personel serta untuk mengecek perlengkapan atau sarana prasarana pengamanan lebaran.

Semula apel akan digelar di Jalan Depan Gedung Setda atau timur Alun-alun Kebumen. Berhubung hujan, upacara digeser ke kompleks Mapolres Kebumen.

Komper Wardopo