blank
Petugas Kesehatan Kabupaten Kendal sedang mengecek barang makanan yang ada di rak toko.(FOTO:SB/spw)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Dinas Perdangan Koperasi dan UKM dan Dinas Kesehatan Kesehatan Kabupaten Kendal melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) bahan pokok kebutuhan penting (Bapokting) kadaluarsa di sejumlah Toko Modern, Selasa (27/04/2022).

Selain di Toko Modern, Sidak juga dilakukan di beberapa toko yang ada di Rest Area.

Kepala Bidang(Kabid) Perdagangan Kendal, Abdul Aziz,  mengatakan, dalam Sidak ini, tidak ditemukan makanan yang kadaluarsa seperti pada tahun- tahun sebelumnya.

” Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, dan hanya sedikit ditemukan bungkus produk yang rusak saja,” kata Abdul Aziz.

Menurut Abdul Azis, pada tahun 2022 ini sangat sedikit temuan di lapangan, dibandingkan dengan tahun lalu, yang mana terdapat ada beberapa produk barang kadaluarsa dan kemasan rusak.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Parno mengatakan, Sidak yang dilakukan bersama Disdakop UMKM dan pihak Polres Kendal ini, merupakan tindaklanjut Sidak minggu lalu yang dilaksanakan oleh Bupati Kendal, Wakil Bupati Kendal, Forkopimda dan para Kepala OPD terkait, yang waktu Sidak mengecek produk bahan pokok penting kadaluarsa di wilayah Kabupaten Kendal.

“Tadi pagi kami mengecek pedagang daging yang ada di Pasar Kendal, dan hasil dari tes laborat kami, menunjukkan PH masih diangka 7, 4 dan 7,5. Artinya secara kesehatan bisa dikonsumsi,” ujar Parno.

Menurut Parno, temuan pada Sidak kali ini, terdapat barang-barang yang  kemasanya rusak atau kurang bagus, sehingga pihaknya hanya meminta pihak kasir untuk tidak menjual barang tersebut, karena bisa membahayakan kesehatan. Spw