blank
Wiyono, seniman berusia 77 tahun asal Kabupaten Temanggung membuat seni kriya wajah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ist

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Seorang seniman adiyuswa berusia 77 tahun, Wiyono, membuat seni kriya berbentuk wajah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Senima nasal Temanggung ini membuat karya berbahan baku tanah liat dengan seni tekstur tutul, yang sederhana namun indah.

Mbah Yono, begitu akrab disapa berkonsentrasi meraba tanah liat basah untuk memola wajah sesuai foto yang ada di depannya. Begitu detil, mulai dari mata, hidung, mulut, rambut hingga kerut pipi saat tersenyum.

Setelah tanah liat itu berbentuk dan setengah kering setengah kering, Mbah Yono nutul  menggunakan paku. Seninya, bekas tutul yang hampir di seluruh wajah itu justru membuat keindahan karyanya.

Selingkuh dari Usaha Genteng

Mbah Yono yang tinggal Perum Aza Griya M6 RT 3 RW 3 Walitelon Utara Temanggung mengatakan ia merupakan seniman patung dan sempat berhenti karena fokus usaha produksi genteng.

Permintaan mulai sepi karena krisis moneter di tahun 1998, kemudian ia mengolah tanah liat yang awalnya sebagai bahan baku genteng menjadi karya seni.