curi telur
Berdalih untuk membayar hutang, dua orang pria mencuri 330 kilogram telur ayam dan 80 tabung gas elpiji di dua lokasi berbeda di Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung. Foto: Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)- Sebanyak 330 kilogram telur ayam dan 80 tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram dicuri oleh dua orang di lokasi dan waktu yang berbeda.

“Kedua tersangka pelaku pencurian tersebut, yakni berinisial RP (41) warga Dusun Karang Wetan, Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang dan AS (43) Dusun Salakan, Desa Gondosuli, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung,” kata Wakapolres Temanggung Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi, Senin ( 18/4/2022).

Ahmad Ghifar mengatakan, lokasi pertama pencurian, yakni  di sebuah gudang  milik Mursidi, warga Dusun Sepikul, Desa Mojotengah, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung pada 24 Maret 2022.

Di lokasi tersebut, kedua tersangka berhasil membawa kabur 80 buah tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram, yang terdiri atas 28 buah tabung gas yang berisi dan 52 tabung gas kosong. Selain itu, kedua pelaku juga menyikat 20 botol obat pertanian dari berbagai merek.

“Dalam menjalankan aksinya, kedua pencuri masuk ke dalam gudang tersebut, dengan cara mencongkel gembok kunci pintu utama gudang tersebut dengan menggunakan linggis,” kata Ghifar.

Baca juga Jalan yang Dibangun Crazy Rich Joko Suranto Jadi dalam 14 Hari, Warga Slametan Buka Puasa di Jalan

Menurutnya, akibat pencurian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp11.950.000. Dan, setelah mengetahui gudang miliknya dibobol pencuri, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kedu.

Mengulang Kejahatannya

Ghifar menambahkan, rupanya kedua pencuri tersebut belum puas dengan hasil curiannya yang pertama. Empat hari berselang, keduanya mengulang tindak kejahatannya dengan melakukan aksi serupa di tempat yang berbeda.

Yakni, di sebuah kandang ayam milik  Eko Rofiudin (40) warga Dusun Grogol, Desa Kutoanyar, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung. Akibatnya, pemilik kandang ayam tersebut mengalami kerugian Rp 7.590.000.

“Pencurian 330 kilogram telur ayam tersebut diketahui pada  28 Maret 2022 lalu, dan pertama kali diketahui  oleh salah satu pekerja peternakan tersebut sekitar pukul 07.00 WIB,” ujarnya.

Baca juga Ganjar Mengapresiasi Crazy Rich Joko Suranto: Bagus Karena Dilandasi Keikhlasan

Kasat Reskrim Polres Temanggung, AKP Bambang Subekti menambahkan, modus operasi kedua pelaku saat mencuri telur ayam tersebut juga sama dengan saat mereka mencuri tabung gas elpiji, yakni mencongkel gembok  kunci pintu kandang dengan menggunakan linggis.