blank
Ibu-ibu aktivis senam sehat Manunggal (SSM) di Gombong, Kebumen, membagikan takjil kepada warga yang melalui Jalan Yos Sudarso.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Komunitas ibu-ibu senam yang tergabung dalam grup Senam Sehat Manunggal (SSM) Gombong , Kebumen, pada Ramadan 1443 H membagikant akji gratis serta buka Puasa bersama.

Para perempuan ini biasa berkegiatan di lapangan Manunggal Gombong. Pada bulan Ramadan  1443 H ini mengadakan pembagian takjil untuk umum gratis, dan dilanjutkan tausiyah yang diisi oleh ustad ustadzah. Kegiatan ini telah berlangsung selama dua kali Ramadan.

blank
Ibu-ibu anggoto senam sehat Manunggal Gombong rutin mengggelar senam tiap Jumat dan Minggu pagi.(Foto:SB/Ist)

Menurut Bambang Priyambodo selaku pembina SSM, member SSM terdiri dari ibu-ibu di seputar Kota Gombong, berjumlah sekitar 125 orang. Senam di Lapangan Manunggal dihelat tiap hari Jumat jam 06.00 dan Minggu jam 07.00.

Kegiatan lain SSM yakni saling mengunjungi keluarga bila ada yang sakit. Juga mengadakan bakti sosial ke warga masyarakat yang tidak terjangkau keperluan ekonominya. Misalnya, membagi sembako, bantuan bagi anak yatim serta bantuan pakaian layak pakai.

blank
Pengajjan ibu-ibu senam sehat Manunggal Gombong.(Foto:SB/Ist)

Bahkan beberapa waktu  lalu saat pandemi Covid-19, SSM  juga tetap mengadakan senam secara rutin. Sampai sekarang tidak ada anggota dan keluarga SSM yang meninggal karena Covid 19.   “Alhamdulillah kami tetap bisa menjaga kesehatan dan imunitas,”ujar Bambang.

SSM dipimpin oleh instruktur  Arlini Dhian Endriana, karyawan RS PKU Muhammadaiyah Gombong yang juga aktif mengisi beberapa sanggar senam di Gombong dan sekitarnya. Melalui senam sehat di Lapangan Manunggal berdampak positif bagi anggota untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Komper Wardopo