blank
Ilustrasi anak belajar daring. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pandemi Covid-19 membuat pola pembelajaran sekolah formal berubah. Sejak awal kemunculan kasus pertama di Indonesia pada bulan Maret 2019, pemerintah mengambil sikap untuk menghentikan sementara sistem belajar tatap muka secara fisik dan menggantinya menjadi daring atau online.

Tentu saja hal ini membutuhkan penyesuaian mengingat terjadi perbedaan yang cukup signifikan.

Karena itu, dibutuhkan tips belajar daring yang efektif dan menyenangkan untuk menjaga mood dan semangat belajar.

Baca Juga: Keluarga Anda Menghadapi Masalah Keuangan, Simak 5 Tips Ini

Saat pandemi, tidak hanya orang dewasa yang melakukan pekerjaan dari rumah (work from home), tapi juga mahasiswa hingga pelajar tingkat SMA, SMP, SD dan TK yang juga ikut belajar di rumah.

Kegiatan pembelajaran jarak jauh ini membutuhkan komitmen agar tidak terjadi penurunan kompetensi pencapaian akademik.

Dilansir dari Suara.com pada Selasa (12/4/2022),berikut 7 Tips Belajar Daring yang Efektif untuk Pelajar:

Baca Juga: Ingin Tetap Glow Up Selama Ramadan, Ini Tipsnya

1. Menyiapkan Ruang Khusus untuk Belajar

Adanya ruang khusus untuk belajar merupakan sesuatu hal yang penting. Tentu Anda tidak ingin ketika guru menjelaskan pelajaran secara virtual, tiba-tiba mendengar suara yang dapat mengganggu fokus belajar.

Oleh karena itu, tips belajar pertama yang direkomendasikan adalah menyiapkan tempat khusus untuk belajar online.

Anda bisa melakukannya di kamar, di balkon lantai dua, atau di mana saja yang nyaman dan tenang. Setelah itu, buat tempat tersebut kondusif.

Baca Juga; Empat Tips Menyimpan Kurma Agar Lebih Tahan Lama dan Fresh

Misal, melengkapinya dengan meja belajar dan kursi yang mendukung kegiatan belajar layaknya belajar di sekolah sungguhan.

2. Atur Jadwal

Meski dilakukan di rumah, Anda harus tetap disiplin dengan mengatur jadwal yang akan dilakukan sehari-hari untuk tetap memastikan keefektifan belajar.

Tanpa jadwal yang jelas, bisa saja Anda lupa atau lalai, sehingga waktu belajar dan pengerjaan tugas terbengkalai. Agendakan mulai dari bangun pagi, mandi, sarapan, olahraga ringan, hingga siap di depan layar laptop untuk belajar.

Baca Juga: Tips Hemat untuk Anak Kosan

3. Kualitas Koneksi Internet

Namanya saja belajar online atau daring, hal mutlak yang wajib ada adalah jaringan internet. Koneksi internet yang tidak lancar dapat menghambat proses belajar dan dapat merusak konsentrasi.

Penting untuk memastikan jaringan Wi-Fi lancar atau jika memanfaatkan sinyal handphone pastikan kuota cukup dan jaringan provider menjangkau daerah tempat tinggal.

4. Batasi Penggunaan Gadget

Pemanfaatan teknologi tepat sasaran akan membantu dan memberi manfaat, termasuk saat proses belajar secara daring. Sebaliknya, jika disalahgunakan akan menjadi bumerang yang menjadi distraksi yang cukup mengganggu.

Baca Juga: Tips Turunkan Resiko Rasa Lapar Hingga Lesu Saat Berpuasa

Maka dari itu, pastikan gadget, seperti handphone dan tablet dalam keadaan silent atau muted. Bila perlu matikan notifikasi agar tidak tergoda untuk membukanya.

5. Buat Ringkasan atau Review

Saat guru menjelaskan pelajaran, usahakan untuk mencatat poin-poin penting sebagai catatan. Bisa juga dengan membuat ringkasan atau review tentang pelajaran yang telah diterima. Ini akan membantu dalam memahami materi yang diberikan dan memudahkan ketika ujian.

6. Jangan Lupakan Waktu Istirahat

Belajar secara daring membutuhkan konsentrasi dan fokus lebih karena komunikasi yang dilakukan merupakan komunikasi jarak jauh dan dilakukan secara virtual. Mata, tangan, dan otak bekerja secara bersamaan. Di sela-sela waktu belajar, luangkan waktu untuk istirahat sejenak.

Baca Juga: Tips Aman Ngabuburit di Tempat Wisata Saat Ramadhan

Hal ini juga penting agar mata tidak cepat lelah dan otot-otot menjadi kaku karena terlalu lama duduk di depan layar laptop atau handphone.

7. Diselingi Camilan Sehat

Layaknya sekolah offline atau tatap muka, sekolah dari rumah juga diberikan waktu untuk makan camilan. Pilih camilan sehat dan mengandung nilai gizi untuk menjaga kesehatan dan stamina, seperti buah potong, puding, roti, dan kacang-kacangan.

Hindari makanan tidak sehat yang mengandung pewarna, perasa, dan pengawet.

Claudia