blank
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka tengah melayani pembeli minyak goreng dalam Pasar murah minyak goreng di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta. Foto: Humas Pemkot Ska

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menggelar pasar murah minyak goreng dengan menerapkan sistem kupon kepada masyarakat setempat yang membutuhkan.

Penjualan ribuan liter minyak goreng yang merupakan Social Corporate Responsibility (CSR ) dari PT Sinar Mas (Eka Tjipta Foundation ), dilaksanakan bersama kegiatan vaksin booster, serta berlangsung di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka ketika meninjau bazaar minyak goreng mengatakan, kelangkaan minyak goreng sudah tidak terjadi lagi di wilayah setempat. Namun masyarakat masih mengeluh terkait harga minyak goreng yang kurang terjangkau.

Saat ini harga minyak goreng masih berkisar Rp 23 ribu hingga Rp 25 ribu. Pada bazaar yang berlangsung, minyak goreng bantuan PT Sinar Mas dijual dengan harga Rp 15 ribu per liter dan masing masing pembeli dapat dua liter.

Kegiatan yang berlangsung cukup membantu bagi warga yang membutuhkan, apalagi pelaksanaannya dikombinasikan dengan vaksinasi bosster.

Terkait penjualan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau untuk warga kurang mampu selama bulan puasa, diharapkan bisa membantu.

“Terutama untuk minyak ya. Untuk kelangkaan minyak goreng  di Solo sudah tidak ada. Tinggal harganya saja yang masih belum kita intervensi,” kata Gibran Rakabuming Raka sembari menambahkan pada 6 April 2022 akan berlangsung pembagian  sembako.

Masih dalam kesempatan sama  Direktur Eka Tjipta Foundation Hong Tjihn menyampaikan apresiasinya atas fasilitasi Pasar Murah Minyak Goreng di Pendapi Gedhe Balai Kota Surakarta.

Pihaknya sangat berterimakasih karena Wali Kota telah memfasilitasi penjualan minyak goreng bermerk sejumlah 3.000 liter seharga Rp 15 ribu untuk 1.500 warga yang membutuhkan. Diakui, kegiatan sejenis ini baru pertama kali dilakukan di Kota Surakarta.

Nanti akan dievaluasi bagimana kelanjutannya. Pihaknya juga memuji kegiatan Pasar Murah Minyak Goreng besutan Sinar Mas dengan kegiatan vaksinasi booster.

“Upaya kami untuk membantu masyarakat yang mengalami kesusahan untuk mendapatkan minyak goreng mendapatkan harga minyak goreng yang wajar dan ini disambut baik Mas Wali,” ungkap Hong.

Kegiatan ini menurutnya baru pertama kali dilakukan di Kota Surakarta. Nanti akan dievaluasi bagimana kelanjutannya. Pihaknya juga memuji kegiatan Pasar Murah Minyak Goreng besutan Sinar Mas dengan kegiatan vaksinasi Booster.

“Ini  ide bagus juga supaya menjelang mudik lebaran, di Kota Solo sudah lebih siap menerima karena sudah di-booster. Hal yang sangat baik dengan mengkombinasikan antara kesehatan dengan kesempatan dapat membelikan minyak goreng dengan harga wajar,” tutur Hong Tjhin

Terpisah Sumarsih warga Kampung Baru ketika diminta tanggapannya mengaku senang dengan upaya Pemkot Surakarta menyediakan minyak goreng berkualitas dengan harga terjangkau.

“Saya rasa penjualan minyak goreng dengan harga wajar terjangkau bisa diteruskan lagi ya,” ungkapnya.

Bagus Adji