blank
FOTO BERSAMA - Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Fakihurrokhim, SSos, MM, Kepala BKPSDM Mujahidin, SH, MH dan Kepala Cabang Pembantu Mandiri Taspen Slawi Yaogoard Roy Christanto foto bersama perwakilan ASN yang pensiun. (foto: dok/ist)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tegal bersama PT Bank Mandiri Taspen menyelenggarakan acara Sosialisasi Program Taspen dan Pensiun, Pelaksanaan Enrollment serta Penyerahan SK Pensiun TMT. 1 Mei 2022 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal, di Hotel Grand Dian Slawi, Kamis (31/03/2022).

Dalam acara ini diserahan SK Pensiun kepada 238 orang pegawai di lingkungan Pemkab Tegal yang telah memasuki masa purna tugas. Selain itu juga kegiatan juga diisi dengan sosialisasi wirausaha pintar calon pensiunan. Dalam laporannya, Kepala BKPSDM Kabupaten Tegal Mujahidin, SH, MH menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pada PNS Pemerintah Kabupaten Tegal dalam mempersiapkan dirinya sebelum memasuki masa pensiun.

“Masa pensiun merupakan masa yang rawan, karena terjadi titik balik yang signifikan dalam hidup seorang PNS. Oleh karena itu dalam pembekalan ini peserta diberikan materi bagaimana memahami pilihan karir setelah menjalani masa pensiun, memahami cara berwirausaha, serta memahami proses dan administrasi pensiun,“ ungkap Mujahidin.

Dia juga menambahkan bahwa masa purna tugas akan dialami setiap PNS apapun jabatan dan kedudukannya. Oleh karena itu masa purna tugas tidak perlu dijadikan hal yang mencemaskan, bahkan harus dijadikan kesempatan bagi kita untuk lebih leluasa dan bebas untuk mengembangkan diri dan berkarya.

Bupati Tegal dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Tegal Fakihurrokhim, SSos, MM menyampaikan bahwa di tengah-tengah masyarakat, kita banyak menemukan PNS yang telah memasuki pensiun ternyata dalam waktu yang tidak terlalu lama mengalami kemunduran fisik dan kesehatan yang cukup drastis. Hal ini biasanya disebabkan adanya kurangnya aktivitas dan kevakuman kegiatan, bahkan kurang gerak dan olahraga. Berkenaan dengan hal tersebut kita harus mampu menciptakan ide-ide yang kreatif dan membiasakan otak ini.

“Dengan diadakannya acara ini saya berharap dapat memberikan bekal kepada para PNS di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tegal yang sudah mendekati masa purna tugas untuk dapat mengisi masa pensiun nanti agar tetap produktif dan masih memiliki semangat yang tinggi dan para pensiunan dapat dilayani dengan baik,” ungkap Fakih.

Dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan sosialisai dari hak dan kewajiban calon pensiunan, pelaksanaan enrollment (perekaman data biometrik), simulasi otentifikasi digital oleh PT Bank Mandiri Taspen. Sosialisasi wirausaha pintar calon pensiunan, penyerahan program Taspen Group.

Pada kesempatan tersebut PT Bank Mandiri Taspen memberikan Layanan Klim Otomatis (LKO), membantu memberikan informasi estimasi hak pensiun dan tunjangan hari tua, membantu proses otentikasi serta memberikan pelayanan pembayaran manfaat pensiun ke alamat rumah (jika pensiun dalam keadaan kurang sehat ) serta layanan mobil kas.

Kepala Cabang Pembantu PT Bank Mandiri Taspen Yaogoard Roy Christanto menjelaskan, sebagai anak perusahaan Taspen, PT. Bank Mandiri Taspen berkewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah pensiun sesuai dengan standar dari PT Taspen.

Nino Moebi