blank
Cinta sedekah. Foto: Ilustrasi

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Rejeki merupakan pemberian dari Allah SWT. Rejeki diberikan kepada umat manusia dalam bentuk bermacam-macam.

Jadi, yang namanya rezeki bukan hanya berupa uang ataupun makanan. Namun ada berbagai macam bentuk rejeki yang diterima manusia, yang mana rejeki setiap manusia sudah diatur Allah SWT.

Dilansir dari Suara.com, ada tujuh perkara yang mesti dilakukan agar rezekimu semakin lancar. Lakukan pula amalan dengan konsisten setiap hari.

Perlu diingat, bahwa di dalam Islam, rezeki adalah perkara yang tidak pernah tertukar. Konsep mengambil rezeki orang lain juga tidak dibenarkan dalam Islam.

Dalam surah Az Zariyat ayat 22 disebutkan bahwa, dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu.

Kemudian, pada surat Hud ayat enam disebutkan bahwa, dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).

Kendati rezeki merupakan perkara yang sudah dijamin oleh Allah SWT, tetapi setiap manusia juga perlu mengupayakannya agar memperoleh rezeki yang halal dan berkah.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah perkara untuk memudahkan rezeki saat Ramadan. Perkara yang dapat diupayakan untuk memperlancar rezeki antara lain,

1. Memudahkan urusan orang lain, juga dinasihatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.”

2. Bertaubat, memohon ampun dan mengakui kebesaran Allah SWT. Dengan bertaubat pula, seorang muslim akan dilancarkan rezekinya.

3. Shalat Dhuha, shalat Dhuha juga bisa menjadi amalan pembuka pintu rezeki. Allah SWT berfirman bahwa shalat Dhuha merupakan shalat yang utama. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu. (HR. Ahmad)

4. Menjaga Iman kepada Allah, beriman kepada Allah SWT akan menjadi jalan pembuka pintu-pintu rezeki. Dengan beriman pula kita menyadari bahwa segala sesuatu yang datang di kehidupan adalah baik menurut-Nya meskipun manusia tidak menyukainya.

5. Bersedekah, Allah SWT menjamin jika sedekah tidak akan mengurangi harta. Sebaliknya, sedekah merupakan jalan pembuka pintu rezeki. Dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 270 disebutkan bahwa apa saja yang kalian nafkahkan atau apa saja yang kalian nazarkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat zalim, tidak ada seorang pelindung pun baginya. Jika kalian menampakkan sedekah (kalian), maka itu adalah baik sekali.

6. Silaturahim, salah satu yang memperpanjang umur dan melancarkan rezeki adalah silaturahmi. Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia bersilaturahim” (HR. Bukhari).

7. Menikah, adalah perkara yang dapat membuka pintu rezeki. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa, dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. An-Nur: 32).

Ning