blank
Minyak goreng, salah satu kebutuhan pokok yang harganya naik jelang Ramadan. Foto: Ning

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Kedatangan bulan Ramadan seperti biasa selalu diikuti dengan datangnya harga-harga kebutuhan pokok yang merangkak naik.

Memasuki bulan April 2022 ini, ada sejumlah kebutuhan pokok yang sudah mulai naik.

Kebutuhan pokok yang selalu naik saat menjelang bulan Ramadan ini seperti sudah menjadi tradisi. Dan situasi bertambah parah karena beberapa kebijakan ikut memaksa adanya kenaikan kebutuhan pokok lainnya.

Dikutip dari Suara.com, berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Maret 2022, terjadi inflasi sebesar 0,66 persen dengan Indeks Harga Konsumen sebesar 108,95.

Berikut ini beberapa kebutuhan pokok yang naik per 1 April 2022. Kenaikan ini terpantau dari reporter di beberapa daerah di Tanah Air.

1. Cabai merah

Cabai merah terpantau mengalami kenaikan. Kenaikan ini karena ada faktor pergeseran cuaca, yang mengakibatkan panen tak maksimal.

Cabai merah keriting di Solo mengalami kenaikan Rp3000 per kilogram. Sementara kenaikan cabai merah besar mencapai Rp12 ribu per kilogram.

2. Harga Daging Sapi dan Ayam

Harga daging segar sudah mengalami kenaikan, salah satunya terpantau di Pasar Beringharjo Jogja. Setelah tiga hari terakhir Rp35 ribu, kini harganya sudah naik Rp38 ribu per kilogram.

Harga daging sapi juga mengalami kenaikan. Harga daging sapi per satu kilogram mencapai Rp125 ribu. Kenaikan ini sudah terjadi sejak pertengahan Maret.

3. Minyak Goreng

Minyak goreng menjadi salah satu yang mengalami kenaikan pada awal April. Namun, kenaikan harga minyak goreng sudah terjadi beberapa bulan lalu, dan saat jelang bulan Ramadan ini semakin tinggi.

Namun untuk harga minyak goreng curah mengalami penurunan, bila dibandingkan Februari lalu.

4. Pertamax

Untuk harga Pertamax mengalami peningkatan dari Rp 9.000 hingga Rp12.500. PT Pertamina menyebut kenaikan bahan bakar minyak nonsubsidi ini untuk menekan beban keuangan perseroan.

Untungnya, penyesuaian harga ini hanya berlaku untuk Pertamax. Pertamax hanya digunakan 14 persen konsumen Tanah Air.

5. Gas 3 Kilogram

Gas 3 kilogram jelang Ramadan ini juga mengalami kenaikan harga. Bahkan, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memberi sinyal bahwa gas LPG akan turut naik, seperti Pertamax.

Luhut menyebut kenaikan terjadi mulai 1 April, Juli hingga September. Namun, pemerintah memastikann jatah subsidi untuk rakyat kecil tak akan dihilangkan.

Ning