blank
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen saat menutup Summit Kota Sehat Indonesia 2022

JEPARA (SUARABARU.ID) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengajak para kepala daerah dan masyarakat semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai penyakit, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, serta menggencarkan program-program pencegahan kematian ibu dan anak.

Hal tersebut oleh Taj Yasin saat menutup  Summit Kota Sehat Indonesia 2022 di Patra Convention Hotel, Rabu (30/3/2022).  Summit Kota Sehat 2022 dengan tema “Healthy Cities for All” yang dihadiri ratusan utusan dari  kabupaten/kota dari 34 provinsi tersebut, diharapkan akan muncul rekomendasi-rekomendasi serta gagasan guna mewujudkan Kota Sehat. Selain itu juga terobosan dalam menyiapkan kader-kader untuk mengedukasi dan menyosialisasikan berbagai program kesehatan kepada masyarakat.

blank
Usai menutup Summit Kota Sehat, Taj Yasin juga menyerahkan kue ulang tahun kepada Walikota Semarang Hendrar Prihadi

Menurut Taj Yasin Maimoen,  Summit Kota Sehat Indonesia 2022  ini salah satu upaya kita untuk mencegah penyakit-penyakit menular, termasuk Covid-19 dan TBC. “Apalagi TBC sampai saat ini penularannya masih sangat masif dan tingkat kematian cukup tinggi. Bahkan masyarakat juga belum begitu peduli terhadap penyakit menular,” kata Taj Yasin

Disamping itu, kegiatan tersebut menurut Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen bukan hanya dalam mengatasi penyakit menular, tetapi juga pencegahan kematian bayi dan ibu melahirkan.

Terkait upaya pencegahan kematian bayi dan ibu melahirkan, kata dia, Perintah Provinsi Jawa Tengah mempunyai beberapa program, salah satunya “Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng” atau dalam bahasa Indonesia ngintip orang hamil. Melalui program tersebut, perkembangan kesehatan ibu dan janin terus dipantau.

blank
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi

Jaga Kebersihan

Selain penanganan penyakit, tidak kalah penting adalah bagaimana menjaga kebersihan lingkungan. Seperti Pemerintah Kota Semarang yang telah berhasil “menyulap” kawasan Kota Lama yang sebelumnya merupakan kawasan langganan banjir dan kumuh, kini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Tengah.

Konsep kota sehat  ini telah diperkenalkan oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO sejak tahun 1980-an sebagai pendekatan yang komprehensif untuk menciptakan sebuah wilayah dan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Bukan hanya bertumpu pada pembangunan infrastruktur, melainkan juga pada aspek ekonomi, budaya, sosial, dan kemanusiaan.

Di Indonesia, upaya untuk mewujudkan kota sehat dilakukan melalui program kabupaten/kota sehat dengan parameter kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni warganya.

Usai menutup Summit Kota Sehat, Taj Yasin menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-51 tahun kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Tidak hanya menyerahkan kue ulang tahun, wagub juga turut menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dan memimpin doa untuk sang wali kota.

Hadepe – KN