blank
Camat Todanan, Dasiran pukul kentongan tandai launching Masyarakat Desa Magrib Mengaji di Kecamatan Todanan. Foto: Ist
BLORA (SUARABARU.ID) – Menjelang bulan suci Ramadan 1443 H,  Pemerintah Kecamatan Todanan meluncurkan Gerakan Masyarakat Desa “Magrib Mengaji” (Gema Desa Mengaji), Senin  (28/3/2022).
Acara dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Todanan dengan diawali pembacaan ayat Alquran oleh Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Huda Desa Todanan RT 002/RW  002 Kecamatan Todanan.
Ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Camat Todanan disaksikan oleh tokoh agama, Bunda Genre Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI, pengurus/anggota TP PKK, Perwakilan Forkopimcam Todanan dan Anggota Forum Genre.
“Hari ini, penobatan Ayah dan Bunda Genre Kecamatan Todanan oleh Bunda Genre Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah sekaligus Pengukuhan Forum Genre Kecamatan Todanan Periode 2022-2024. Dan hari ini pula kami melaunching Gerakan Masyarakat Desa “Magrib Mengaji” (Gema Desa Mengaji),” ungkap Camat Todanan.
 Camat Todanan, Dasiran,S.Ag., M.Si menjelaskan, gerakan Magrib Mengaji ini, ingin menghidupkan kembali budaya atau kebiasaan orang-orang tua kita terdahulu.
“Pada zaman dahulu, di saat habis magrib menjelang isya, diisi dengan mengaji. Atau mempelajari Alquran dan atau ilmu-ilmu keagamaan,” kata Dasiran.
Oleh karena itu, tambah Dasiran, khususnya di Kecamatan Todanan, mohon dukungan dari jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) dan jajaran Muhammadiyah serta seluruh warga masyarakat Todanan untuk mensukseskan program “Magrib Mengaji” sehingga para generasi muda bisa mendapatkan pendidikan agama Islam.
“Jadi visi misi Pak Bupati Blora, salah satunya program Blora Mengaji, ini kami jabarkan sampai di tingkat desa dengan Gerakan Masyarakat Desa Magrib Mengaji” atau Gema Desa Mengaji,” tegas Camat Todanan.
Launching itu juga mendapat apresiasi positif dari Bunda Genre Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI.
Harapan Hj. Ainia Shalichah, agar Gerakan Masyarakat Desa Magrib Mengaji di Kecamatan Todanan ini bisa terlaksana dengan baik serta bisa diikuti wilayah lainnya di Kabupaten Blora.  Kudnadi