blank
Sebuah adegan di Umma, film horor Amerika rasa Korea. Foto: Ist

UMMA merupakan film horror Amerika yang dibintangi oleh aktris kebangsaan Korea Sandra Oh. Film horror ini tengah tayang di jaringan bioskop Indonesia.

Judul film Umma diambil dari kata dalam Bahasa Korea yang berarti “Ibu”. Film ini disutradarai oleh seorang perempuan berdarah Korea Iris K. Shim, dan diproduseri oleh Sam Raimi yang pernah menangani Spider-Man pada tahun 2022-2007.

Umma ini bercerita tentang seorang imigran asal Korea, Amanda (Sandra Oh) yang dari kecil telah dibesarkan di Amerika oleh kedua orang tuanya. Amanda memiliki seorang anak perempuan bernama Chris yang bintangi oleh Fivel Stewart.

Amanda dan anaknya hidup di tanah pertanian yang terletak di pedalaman dan jauh dari permukiman warga. Mereka juga hidup dengan tidak menggunakan teknologi sedikit pun, termasuk listrik, bahkan anaknya Chris juga menjalani homeschooling.

Mereka hidup dengan berjualan madu yang dibantu oleh satu temannya yang hanya mereka miliki, karena mereka tidak memiliki teman lain. Naman teman ini Danny diperankan oleh Dermot Mulroney.

Ibu dan anak ini menjalani kehidupan yang damai dan baik sampai suatu ketika datang seorang laki-laki paru baya yang merupakan paman dari Amanda.

Abu sang Ibu

Laki-laki itu membawa abu dari mendiang ibunya, setelah abu itu datang dan disimpan di rumah Amanda. Hal-hal aneh mulai terjadi, membuat Amanda merasa dihantui oleh sang ibu.

Film horror ini dapat di tonton oleh keluarga, karena film ini dapat ditonton ikeh remaja dari usia 13 tahun keatas. Meskipun ada adegan yang mengerikan dan menyeramkan tapi tidak aka nada adegan atau konten vulgar didalam film.

Film ini mengisahkan seorang anak yang trauma dengan sang ibu. Amanda merupakan seorang anak yang memiliki masa kelam dengan sang ibu, karena sang ibu selalu ingin bersama dengan Amanda sekalipun sang ibu sudah meninggal dunia.

Dalam film ini digambarkan bahwa trauma dalam hubungan berkeluarga yang sangat membekas, bahkan kematian pun tak bisa menghilangkan trauma Amanda.

Jika teman-teman penasaran dengan film ini,  Film ini sudah tayang di bioskop-bioskop kesayangan Anda.

Rona Napitupulu