Livy Renata (tengah), berfoto bersama beberapa narasumber yang ikut tampil dalam acara konferensi pers yang digelar secara daring, pada Selasa (22/3/2022). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Istilah Baristan, beberapa waktu belakangan ini ramai jadi pembicaraan kalangan pecinta kopi di media sosial. Sekilas mirip dengan kata Barista, yang merupakan profesi ahli meracik minuman kopi. Belakangan baru diketahui, istilah Baristan merupakan akronim dari Barista Kopi Instan.

Konsep dan istilah Baristan diperkenalkan produk kopi instan kemasan dari PT Sumber Kopi Prima, Caffino, untuk para penikmat kopi di Indonesia.

CEO PT Sumber Kopi Prima, Ihsan Mulia Putri mengungkapkan, istilah dan konsep Baristan adalah, cara Caffino untuk memfasilitasi pecinta kopi agar tetap dapat menikmati segelas kopi berkualitas premium, dengan cara membuat sendiri di rumah.

BACA JUGA: Pembentukan Pansel Pengisian Jabatan oleh Bupati Jepara Tabrak UU ASN, Ini Indikasinya

”Tanpa harus punya keahlian khusus, dengan Caffino siapa pun bisa merasakan sensasi membuat segelas kopi dengan kualitas yang tak kalah dengan kopi di kedai atau kafe favorit,” kata Putri dalam konferensi pers yang digelar secara daring, pada Selasa (22/3/2022).

Menurut dia, Baristan sesungguhnya adalah semangat yang disebarkan untuk semua pecinta kopi di Indonesia. Bahwa siapa saja boleh dan pasti bisa membuat segelas minuman kopi instan yang enak, seperti minum kopi di kafe.

Ihsan menerangkan, semangat ini tidak terlepas dari situasi pandemi yang memaksa masyarakat untuk mengurangi aktivitas keluar rumah. Menyeduh kopi instan sendiri di rumah, dianggap bisa menjadi solusi sekaligus sensasi dalam menikmati kopi.

BACA JUGA: Tak Aktif Tangani Bencana, Camat Ayah, Sekcam dan Kasi Dimutasi

Sementara itu, seorang Barista profesional Muhammad Aga menilai, lepas dari perdebatan yang muncul, minum kopi merupakan budaya yang sudah mengakar di sebagian besar masyarakat Indonesia sejak dulu.

Menurut Juara Indonesia Barista Championship 2018 ini, banyak hal positif yang terbentuk dari kebiasaan minum kopi, tanpa harus membeda-bedakan tentang pilihan jenis kopi racikan profesional ataupun kopi instan.

”Bagi saya, untuk menghasilkan minuman kopi yang berkualitas, utamanya harus menggunakan bahan-bahan yang juga punya kualitas. Saya melihat Caffino sudah terjamin dari kualitas bahan dasar kopi dan susunya,” ungkap sosok yang juga ikut bermain di film Filosofi Kopi ini.

BACA JUGA: Lakukan Sidak, Kapolres Kudus Temukan Stok Minyak Goreng Curah di Distributor Melimpah

Hal senada diungkapkan Chef Jerry Andrean, yang menyebut kopi instan Caffino bisa jadi pilihan yang tepat bagi masyarakat.

”Sama seperti memasak, membuat kopi yang dianggap enak tidak harus selalu dengan metode atau teknik yang rumit. Ada kalanya dengan cara sederhana, kita pun bisa membuat sajian kopi yang enak,” papar Chef Jerry.

Sosok tenar di media sosial belakangan ini, Livy Renata pun, menyatakan suka dengan sajian kopi instan ini. ”Baru tahu sekarang, ternyata kopi instan Caffino rasanya bisa seenak ini,” pujinya.

Riyan