blank
Wakil Ketua DPRD Jepara, H. Pratikno

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ada indikasi pembentukan Panitia Seleksi Pengisian Jabatan 4 Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab Jepara  yang baru saja diumumkan 21 Maret 2022 cacat hukum. Indikasi pelanggaran ini disampaikan   Wakil Ketua DPRD Jepara H. Pratikno.

Sebab  menurut Pratikno pembentukan panitia seleksi tersebut   menabrak UU No. 5 tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara  dan Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah  No.11 tahun 2017  tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Kasus ini hampir sama dengan pemberhentian sementara Sekda Jepara Edy Sujatmiko S.Sos, MM, MH beberapa waktu yang lalu, yang kemudian dicabut oleh bupati  tanpa ada penjelasan apapun,” ungkap H. Pratikno.

BACA JUGA Ony Sulistijawan, M.Si Plt Kadisdikpora, Ini Nama Pansel Lelang Jabatan

Pratikno kemudian mengungkapkan  ada ketentuan yang ditabrak Bupati Jepara saat menunjuk   5 orang panitia seleksi melalui SK Bupati No. 800/092 Tahun 2022  tentang Pembentukan Panitia dan Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka Pengisian  Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Jepara tahun 2022.

Lima orang ini menurut penelusuran Pratikno adalah Wisnu  Zahroh (Kepala BKD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah), Henry Santosa (Widya Iswara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah), Sholih (Tokoh Masyarakat Jepara), Tuhana (Dosen UNS) dan Annastasia (Undip).

“Komposisi panitia seleksi yang dibentuk Bupati Jepara inilah yang bertentangan dengan undang-undang ASN.  Sebab berdasarkan pasal 110 ayat 3 disebutkan, Panitia seleksi Instansi Pemerintah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri dari unsur internal maupun eksternal Instansi Pemerintah yang bersangkutan,” ujar Pratikno mengutip  bunyi ayat yang dilanggar.

Baca Juga: Ganjar Sentil Kemendag; “Saya Malu, Kita Seperti Tikus Mati di Lumbung Padi”

“Dari 5 panitia seleksi ini, tidak ada satupun yang berasal  unsur internal Pemerintah Kabupaten Jepara,” ujar Pratikno. Ini jelas pelanggaran yang mestinya tidak bisa ditolelir.

Bukan hanya itu, Bupati juga melanggar Peraturan Pemerintah  No.11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, khususnya pasal 114 ayat (5) yang menyebutkan panitia seleksi sebagaimana dimakksud pada ayat (2) terdiri atas unsur: a.pejabat pimpinan tinggi terkait dari lingkungan Instansi Pemerintah yang bersangkutan; b. pejabat pimpinan tinggi dari Instansi Pemerintah lain yang terkait dengan bidang tugas jabatan yang lowong, dan c. akademisi, pakar dan professional.

BACA JUGA Kepala Disdikpora Jepara Dimutasi, Penggantinya Belum Ditunjuk

Menurut Pratikno, Bupati dalam pembentukan panitia seleksi tersebut juga sudah mengabaikan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara No.B-4470/KASN/12/2020 perihal Rekomendasi Atas Dugaan Pelanggaran dalam Tata Kelola ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara yang dikirim kepada Bupati Jepara.

Ia menjelaskan, dalam point 3  rekomendasi  disebutkan, dalam masa yang akan datang dalam pelaksanaan seleksi terbuka memasukkan Sekretaris Daerah dan pejabat lainnya sebagai anggota Panitia Seleksi Terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  dari unsur internal  Pemerintah Kabupaten Jepara, berdasarkan pertimbangan penguasaan pengetahuan  dan /atau pengalaman sebagai Pejabat yang Berwenang.

Baca Juga: Seorang Nenek Ditemukan Meninggal di Sungai Serayu, Siapa Dia?

Karena pelanggaran-pelanggaran tersebut Pratikno berharap Badan Kepegawaian Negara dan  Komisi Aparatur Sipil Negara segera turun tangan. “Jangan sampai proses yang cacat hukum ini dilanjutkan hingga  yang terpilih dikemudian hari dipermasalahkan oleh pihak lain,” ujar Pratikno.  Jika proses ini dilanjutkan yang akan dirugikan adalah masyarakat Jepara, khususnya kerusakan Manajemen Pegawai Negeri Sipil di Jepara, tambahnya.

Sementara   4 jabatan yang kosong  yang akan diisi melalui pembentukan panitia seleksi adalah   Kepala DKK, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Direktur RSU RA Kartini dan Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM.

Hadepe