KENDAL(SUARABARU.ID)- Kodim 0715/Kendal menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) bertempat di Aula Makodim 0715/Kendal, Selasa(15/03/2022).

Kegiatan ini, merupakan program Satuan Komando Kewilayahan dalam setiap tahunnya, yang dilaksanakan guna memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik bagi satuan kewilayahan dalam menunjang pelaksanaan tugas aparat komando kewilayahan.

Kegiatan Latnister ini, dibuka oleh Perwira Seksi Operasional (Pasiops) Letda Arm M Toha selaku Komandan Latihan.

Kegiatan ini melibatkan Perwira Staf, Danramil dan seluruh prajurit/Babinsa di wilayah Kodim 0715/Kendal yang berjumlah sekitar 137 orang yang dilaksanakan selama 10 hari terhitung mulai tanggal 15- 26 Maret 2022.

Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, mengatakan, Latnister ini merupakan suatu bentuk kegiatan yang sifatnya mengasah kemampuan para Babinsa dalam menjalankan tugas pokoknya dihadapkan dalam perkembangan situasi dan kondisi yang up to date sehingga pelaksanaan pembinaan wilayah bisa dipertanggungjawabkannya guna kepentingan pertahanan negara.

“Tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan tali silaturahmi antar Apkowil jajaran Kodim 0715/Kendal, serta menambah rasa kekeluargaan dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” kata Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii.

Dandim 0715/ Kendal berharap, kegiatan Latnister ini bisa dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat serta tanggungjawab dalam berlatih dan jangan dijadikan suatu seremorial semata, akan tetapi dipahami dan diaplikasikan di desa atau wilayah binaan baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan.

Sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) khususnya anggota Kodim 0715/Kendal, harus mampu melaksanakan tugas-tugas Pembinaan Teritorial (Binter), bisa melaksanakan lima kemampuan teritorial dengan baik, serta harus dapat memahami dan mampu menerapkan sikap perilaku sebagai aparat teritorial.

Kasdim 0715/Kendal Mayor Inf Sukamto mengatakan, sebagai Apkowil harus selalu tanggap dengan isu-isu yang berkembang dan up to date dan bisa menjabarkan perintah dari komando atas dalam pelaksanaan tugasnya, deteksi dini dan cegah dini harus selalu menjadi nafas para babinsa serta berpegang teguh terhadap Pancasila, UUD’45, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI serta Sapta Marga

Sebagai pemateri dalam kegiatan Latnister ini, yakni para Danramil jajaran Kodim 0715/Kendal, dengan materi diantaranya Sikap Teritorial, Manajemen Teritorial, Penguasaan Wilayah, Temu Cepat Lapor Cepat, Pembinaan Perlawanan Rakyat dan Komunikasi Sosial. Spw